Blogpage

Pengabdian Masyarakat

Apresiasi dan Ucapan Terima Kasih dari Ketua Bakti Nusantara 2018

Yth. Relawan Bangun, Sehat dan Inspirasi Nusantara, serta seluruh panitia dan pendukung Bakti Nusantara.

Semangat gotong royong adalah warisan budaya bernilai tinggi yang senantiasa perlu kita lestarikan. Kita semua, Tunas-tunas yang tumbuh di dalam Bakti Nusantara, percaya bahwa dengan bergotong royong kita akan dapat saling memahami satu dengan yang lainnya, bersinergi dan bekerjasama dalam mendorong segala kebaikan yang dibutuhkan oleh saudara-saudara kita di penjuru nusantara.

Kebersamaan kita semua anak-anak negeri dalam menyatukan langkah ini adalah bentuk nyata dari semboyan bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, melepaskan segala perbedaan yang ada dan bersatu dalam membangun negeri yang kita cintai.

Teriring syukur kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa, dan dengan segala kerendahan hati ijinkan saya atas nama Yayasan Tunas Bakti Nusantara mengapresiasi dan berterimakasih setinggi-tingginya atas segala dukungan yang diberikan untuk terselenggaranya Bakti Nusantara Banten 2018 kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Institusi Kopassus khususnya Grup-1 Kopassus Serang, Korem 064/Maulana Yusuf, seluruh lembaga dan institusi yang terlibat baik dari pusat dan daerah Banten, seluruh sponsor dan para donatur, serta terutama seluruh relawan Bangun-Sehat-Inspirasi Nusantara yang turut terlibat yang telah hadir dari berbagai penjuru negeri, mulai dari Medan hingga Morotai.

Bersatu padunya lebih dari 500 relawan lintas profesi, telah berhasil menjangkau 1971 pasien, 160 peserta penyuluhan, 144 peserta pelatihan tenaga kesehatan, 482 peserta donor darah, 450 peserta kemah perdamaian, 110 peserta pelatihan guru, 130 peserta kelas inspirasi, 53 peserta kelas kewirausahaan, 80 peserta kampung literasi dan lebih dari 1000 buku telah tersalurkan. Disamping itu telah berdiri sekolah baru (MI Nurut Taqwa) di atas tanah yang kita beli bersama di desa Pasir Panjang kabupaten Pandeglang, dengan total 6 ruang kelas, 3 ruang pendukung dan kamar mandi beserta prasarann air bersih, fasilitas hidroponik, dan perpustakaan. Semua ini terwujud atas dukungan sponsor dan donatur, dan akan dipertanggung jawabkan dalam laporan tahunan Yayasan Tunas Bakti Nusantara.

Kiranya Tuhan akan menerima buah karya kita bersama ini sebagai bibit kebaikan yang akan terus bersemai seiring waktu berjalan di masa yang akan datang. Amiinn.

Dan semoga, komitmen kita untuk terus menggelorakan semangat gotong royong dari pemuda pemudi bangsa akan dapat terus kita perjuangkan di tahun-tahun berikutnya. Kita percaya, semangat gotong royong pada program Bakti Nusantara ini adalah wujud jati diri asli kita sebagai bangsa Indonesia dan adalah modal besar kita menuju Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera.

Dari Banten untuk Indonesia,
Salam Nusantara!
Aryo Saloko
Ketua Pengurus
Yayasan Tunas Bakti Nusantara

“Kebahagian sesungguhnya itu datang dari hati yang kaya, dan kebahagian yg paling utama itu adalah merasakan kebahagiaan orang lain sebagai kebahagian sendiri. Cinta sejati itu bukan lah mencintai orang tertentu, tp mencintai segala sesuatu,, Ini tidak bisa dipahami kl kita masih diliputi Ego. (Goethe)”

“Orang yang tidak mengejar apa2 akan mendapatkan segalanya, dan ketika ia membuang ego. Alam semesta yg akan menjadi ego nya. (Edwin Arnold)”

Uncategorized

ANGGARAN RUMAH TANGGA IKATAN ALUMNI SMA TARUNA NUSANTARA

BAB I KEANGGOTAAN 

Pasal 1

Mekanisme Registrasi Anggota

  • Anggota IKASTARA terdiri dari Anggota Biasa dan Anggota Luar Biasa.
  • Lulusan SMA Taruna Nusantara tahun 1993 – 2017 yang mendapat ijazah khusus secara otomatis menjadi Anggota Biasa IKASTARA.
  • Lulusan SMA Taruna Nusantara setelah tahun 2017 dapat menjadi Anggota Biasa IKASTARA melalui mekanisme:
    1. mendaftarkan diri untuk menjadi Anggota Biasa IKASTARA kepada Tim Verifikasi Penerimaan Anggota yang dibentuk oleh PP IKASTARA;
    2. PP IKASTARA menyelenggarakan pelatihan kaderisasi bagi setiap Calon Anggota Biasa IKASTARA yang dinyatakan lulus verifikasi; dan
    3. Ketua Umum Ikastara membuat Surat Keputusan untuk menyatakan daftar Anggota Biasa yang diterima dan tidak diterima.
  • Setiap orang yang pernah bersekolah di SMA Taruna Nusantara tetapi tidak mendapat ijazah khusus karena sebab tertentu dapat menjadi Anggota Luar Biasa IKASTARA melalui mekanisme:
    1. diusulkan oleh 50% + 1 (lima puluh persen ditambah satu) dari jumlah Anggota Biasa di angkatannya atau minimal seratus tiga puluh (130) Anggota Biasa IKASTARA lintas angkatan;
    2. mendaftarkan diri untuk menjadi Anggota Luar Biasa IKASTARA kepada Tim Verifikasi Penerimaan Anggota yang dibentuk oleh PP IKASTARA; dan
    3. setiap Calon Anggota Luar Biasa IKASTARA yang dinyatakan lulus verifikasi diusulkan oleh PP IKASTARA, disetujui oleh Ketua Umum PP IKASTARA, dan ditetapkan oleh Dewan Pengawas.

 

Pasal 2

Pendataan Anggota

  • Anggota IKASTARA sebagaimana dimaksud dalam Anggaran Dasar IKASTARA BAB III Pasal 7,8, dan 9 wajib melaporkan data dirinya kepada PP IKASTARA melalui aplikasi keanggotaan yang disediakan oleh PP IKASTARA.
  • Anggota IKASTARA menginformasikan perubahan data diri kepada PP IKASTARA melalui aplikasi keanggotaan.
  • PP IKASTARA dapat memperoleh data diri Anggota IKASTARA melalui berbagai mekanisme dan media yang efektif menurut PP IKASTARA.

 

Pasal 3

Penonaktifan Keanggotaan

  • Anggota IKASTARA dapat dinonaktifkan:
    1. mengundurkan diri;
    2. atas usulan Mahkamah Perkumpulan;
    3. terbukti bersalah secara hukum di pengadilan yang berlaku karena melakukan tindak pidana kejahatan; atau
    4. diusulkan oleh 50% + 1 (lima puluh persen ditambah satu) Anggota IKASTARA angkatan yang bersangkutan.
  • Penonaktifan Keanggotaan ditetapkan melalui Surat Keputusan Bersama Ketua Umum PP IKASTARA dan Ketua Dewan Pengawas.
  • Anggota yang dinonaktifkan akan dicabut semua hak dan kewajibannya sebagai anggota sampai adanya Ketetapan MUNAS.

 

Pasal 4

Berakhirnya Keanggotaan

  • Keanggotaan IKASTARA dapat berakhir apabila Anggota IKASTARA yang bersangkutan:
    1. meninggal dunia; atau
    2. dibatalkan keanggotaannya oleh MUNAS.
  • Pembatalan keanggotaan sebagaimana dimaksud dalam Ayat (1) huruf b Pasal ini dapat diusulkan apabila:
    1. anggota yang diusulkan terbukti bersalah secara hukum di muka pengadilan yang berlaku karena melakukan tindak pidana kejahatan;
    2. anggota tersebut diusulkan untuk dibatalkan keanggotannya oleh 50 % + 1 (lima puluh persen ditambah satu) Anggota IKASTARA angkatan yang bersangkutan; atau
    3. anggota tersebut telah dinonaktifkan sebelumnya.
  • Usulan pemberhentian Anggota IKASTARA dapat diajukan oleh Anggota IKASTARA kepada PP IKASTARA dalam bentuk tertulis dilampiri dengan salinan keputusan pengadilan atau petisi dari angkatan yang bersangkutan.
  • Usulan tertulis sebagaimana dimaksud pada Pasal 4 Ayat (3) ditembuskan kepada Dewan Pengawas.
  • PP IKASTARA bersama dengan Dewan Pengawas selanjutnya mengadakan rapat yang khusus membahas usulan pemberhentian anggota tersebut.
  • Persetujuan atas usulan pemberhentian sebagaimana dimaksud pada Ayat (3) Pasal ini dibuat dalam suatu Surat Keputusan Bersama Pengurus Pusat dan Dewan Pengawas (SKB PP-DP) IKASTARA tentang Pemberhentian Sementara Anggota IKASTARA atas nama calon anggota yang diusulkan untuk diberhentikan.
  • Apabila keputusan pengadilan sebagaimana dimaksud pada Ayat (2) dan (3) telah bersifat tetap (inkracht), PP IKASTARA dan Dewan Pengawas mengadakan rapat yang secara khusus membahas usulan pemberhentian permanen Anggota IKASTARA.
  • Persetujuan atas usulan pemberhentian permanen sebagaimana dimaksud Ayat (7) dibuat dalam suatu SKB PP-DP IKASTARA tentang Usulan Pemberhentian Permanen Anggota IKASTARA atas nama calon anggota yang diusulkan untuk diberhentikan.
  • SKB PP-DP IKASTARA seperti yang diatur pada Ayat [8] kemudian diserahkan kepada Panitia Munas paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum tanggal pelaksanaan MUNAS.
  • Panitia MUNAS selanjutnya memasukkan usulan pemberhentian anggota ini ke dalam rencana agenda MUNAS untuk mendapatkan persetujuan anggota.
  • Persetujuan MUNAS untuk pemberhentian anggota tersebut dinyatakan dalam bentuk Ketetapan MUNAS.

 

BAB II PENGURUS PUSAT

Pasal 5

Susunan Organisasi PP IKASTARA

  • Susunan organisasi PP IKASTARA sekurang-kurangnya terdiri atas:
  1. Ketua Umum;
  2. Wakil Ketua Umum;
  3. Sekretaris Jenderal;
  4. Bendahara Umum; dan
  5. Ketua Bidang.
  • Wakil Ketua Umum, Sekretaris Jenderal, Bendahara Umum, para Staf Ahli, Para Ketua Bidang PP IKASTARA, serta para Staf Kepengurusan disebut dengan Anggota PP IKASTARA.

 

Pasal 6

Pengangkatan  Pengurus

  • Anggota PP IKASTARA terdiri dari Anggota Biasa IKASTARA yang diangkat oleh Ketua Umum PP IKASTARA untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan menggunakan wewenang yang diberikan.
  • Ketua Umum PP IKASTARA dapat membentuk suatu Dewan Penasehat yang bertugas memberikan saran dan pertimbangan kepada Ketua Umum dan Anggota PP IKASTARA secara reguler maupun insidental atas permasalahan tertentu.
  • PP IKASTARA dapat membentuk Kelompok Kerja (Pokja) tertentu untuk melakukan tugas-tugas khusus.
  • Susunan pengurus bentukan Ketua Umum PP IKASTARAdan susunan panitia bentukan PP IKASTARA diumumkan melalui media komunikasi IKASTARA untuk menjadi informasi bagi semua anggota.

 

Pasal 7

Ketua Umum PP IKASTARA

  • Mekanisme pemilihan Ketua Umum PP IKASTARA dilakukan dengan azas one man one vote.
  • Ketua Umum PP IKASTARA dilarang menjadi Pengurus Partai Politik selama masa jabatannya.
  • Ketua Umum PP IKASTARA bertanggung jawab kepada MUNAS.
  • Tugas Ketua Umum PP IKASTARA adalah:
  1. memimpin organisasi secara menyeluruh dengan berlandaskan pada Anggaran

Dasar IKASTARA dan Anggaran Rumah Tangga IKASTARA;

  1. membuat dan menjalankan Rencana Kerja IKASTARA berdasarkan Rekomendasi

MUNAS VIII IKASTARA dan Janji Kampanye Ketua Umum; dan

  1. memimpin Rapat Kerja PP IKASTARA baik yang bersifat rutin maupun ins
  • Wewenang Ketua Umum PP IKASTARA adalah:
  1. mengangkat dan/atau memberhentikan Anggota PP IKASTARA;
  2. bertindak sebagai wakil PP IKASTARA dalam kemitraan strategis dengan lembaga atau organisasi lain;
  3. mendelegasikan tugas dan wewenang kepada Anggota PP IKASTARA;
  4. meminta pertanggungjawaban atas tugas dan wewenang yang telah didelegasikan kepada Anggota PP IKASTARA;
  5. memperluas dan/atau membatasi wewenang Anggota PP IKASTARA bilamana diperlukan untuk mendukung tugas dan tanggung jawab yang diberikan;
  6. menandatangani seluruh surat keluar resmi atas nama PP IKASTARA;
  7. mengeluarkan Surat Keputusan Ketua Umum PP IKASTARA (SKKU PP IKASTARA); dan
  8. mengesahkan hasil ketetapan Musyawarah Cabang.

 

Pasal 8

Ketua Umum PP IKASTARA Berhalangan Tetap

  • Ketua Umum PP IKASTARA berhalangan tetap apabila:
    1. mengundurkan diri:
    2. meninggal dunia; atau
    3. tidak mampu melaksanakan tugasnya secara terus menerus selama 6 (enam) bulan.
  • Dalam hal Ketua Umum PP IKASTARA berhalangan tetap maka Wakil Ketua Umum menjabat sebagai Ketua Umum sampai berakhirnya masa kepengurusan.
  • Dalam hal tidak terdapat Wakil Ketua Umum maka Sekretaris Jenderal menjabat sebagai Ketua Umum sampai berakhirnya masa kepengurusan.
  • Dalam hal Sekretaris Jenderal berhalangan tetap, maka para Ketua Bidang secara kolektif menjabat sebagai Ketua Umum sampai berakhirnya masa kepengurusan.

 

Pasal 9

Anggota PP IKASTARA

  • Anggota PP IKASTARA ditunjuk dan diangkat oleh Ketua Umum PP IKASTARA.
  • Anggota PP IKASTARA bertanggung jawab kepada Ketua Umum PP IKASTARA.
  • Tugas Anggota PP IKASTARA adalah melaksanakan mandat dan kewenangan yang didelegasikan oleh Ketua Umum PP IKASTARA sesuai dengan SKKU PP IKASTARA.
  • Wewenang Anggota PP IKASTARA ditetapkan oleh Ketua Umum PP IKASTARA dan dituangkan dalam SKKU PP IKASTARA.

 

Pasal 10

Rapat Kerja dan Rapat Konsolidasi

  • PP IKASTARA mengadakan Rapat Kerja yang bersifat rutin maupun insidental.
  • PP IKASTARA bersama dengan Dewan Pengawas mengadakan Rapat Konsolidasi yang bersifat rutin maupun insidental.
  • Rapat Kerja dihadiri oleh Ketua Umum PP IKASTARA dan Anggota PP IKASTARA.
  • Rapat Konsolidasi dihadiri oleh Ketua Umum PP IKASTARA, Anggota PP IKASTARA, dan Dewan Pengawas.
  • Dalam hal Ketua Umum PP IKASTARA berhalangan hadir, Anggota PP IKASTARA yang ditunjuk oleh Ketua Umum PP IKASTARA dapat memimpin Rapat Kerja PP IKASTARA.
  • Rapat Kerja menetapkan Surat Keputusan PP IKASTARA (SKEP PP IKASTARA) dan Ketetapan PP IKASTARA (TAP PP IKASTARA).
  • Rapat Konsolidasi menetapkan Surat Keputusan Bersama PP IKASTARA dan Dewan Pengawas (SKB PP – DP IKASTARA).

 

Pasal 11

Rencana Kerja IKASTARA

  • Rencana Kerja IKASTARA (RKI) berisi program kerja IKASTARA selama masa jabatan disertai indikator pencapaian.
  • RKI disusun dan disiapkan oleh PP IKASTARA.
  • RKI diajukan Ketua Umum kepada Dewan Pengawas selambat-lambatnya 2 (dua) bulan setelah ART disahkan.
  • Pembahasan RKI dilakukan dalam Rapat Konsolidasi.
  • RKI dituangkan dalam SKB PP-DP IKASTARA.

 

 

BAB III MAHKAMAH PERKUMPULAN

Pasal 12

Tujuan dan Wewenang

  • Mahkamah Perkumpulan merupakan Badan Tetap bersifat kolektif kolegial yang dibentuk oleh PP Ikastara untuk menyelesaikan perselisihan antar anggota yang dapat berdampak pada organisasi.
  • Mahkamah Perkumpulan terdiri atas sekurang-kurangnya Ketua Umum Ikastara, Ketua Dewan Pengawas,  dan Mantan Ketua Umum Ikastara.
  • Mahkamah Perkumpulan disahkan oleh SKB PP-DP.
  • Mahkamah Perkumpulan berwenang untuk:
  1. memberikan rekomendasi untuk menyelesaikan perselisihan antar anggota dan
  2. memberikan usulan penonaktifan anggota.
  • Mekanisme pengambilan keputusan Mahkamah Perkumpulan diatur dalam peraturan Mahkamah Perkumpulan.

 

 

BAB IV CABANG IKASTARA

Pasal 13

Pendirian Cabang

  • Cabang IKASTARA dapat didirikan di wilayah setingkat Kabupaten/Kota, gabungan Kabupaten/Kota yang berdekatan dalam satu propinsi, Propinsi, atau di luar wilayah Indonesia.
  • Dalam satu wilayah Kabupaten/Kota tidak dapat didirikan lebih dari 1 (satu) cabang.
  • Untuk wilayah Kabupaten/Kota yang memiliki Anggota IKASTARA kurang dari 10 (sepuluh) orang dihimbau untuk mendirikan cabang atau berafiliasi ke cabang di wilayah Kabupaten/Kota terdekat.
  • Dalam hal memenuhi syarat minimal jumlah Anggota IKASTARA untuk pendirian cabang, Anggota IKASTARA di luar negeri dapat mendirikan sebuah Cabang IKASTARA dengan lingkup wilayah tidak terbatas hanya pada wilayah setingkat Kabupaten/Kota melainkan juga tingkat negara bagian/provinsi, negara, atau benua.
  • Ketua Umum PP IKASTARA menunjuk tim formatur pembentukan cabang yang berwenang untuk menyelenggarakan Musyawarah Cabang.

 

Pasal 14

Musyawarah Cabang

  • Musyawarah Cabang adalah forum tertinggi yang dapat diselenggarakan oleh Pengurus Cabang (PC) untuk, namun tidak terbatas pada, memutuskan dan menetapkan hal-hal penting yang menyangkut kesinambungan keberadaan cabang tersebut.
  • PC IKASTARA dapat menyelenggarakan Musyawarah Cabang.
  • PC IKASTARA memberitahukan kepada Ketua Umum PP IKASTARA selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari sebelum penyelenggaraan Musyawarah Cabang.
  • PC IKASTARA melaporkan hasil keputusan dan ketetapan Musyawarah Cabang kepada Ketua Umum PP IKASTARA selambat-lambatnya tiga puluh (30) hari sejak berakhirnya Musyawarah Cabang.
  • Hal-hal yang diputuskan dalam Musyawarah Cabang mencakup, namun tidak terbatas pada, penetapan Ketua PC dan penetapan Aturan Internal cabang tersebut.
  • Hasil keputusan Musyawarah Cabang dituangkan dalam Ketetapan Musyawarah Cabang.

 

Pasal 15

Aturan Internal Cabang

  • Aturan Internal Cabang IKASTARA dapat ditetapkan dalam Musyawarah Cabang dan diusulkan oleh Anggota Biasa IKASTARA yang terdaftar di cabang tersebut.
  • Aturan Internal Cabang dapat mencakup namun tidak terbatas pada penetapan Iuran Anggota Cabang IKASTARA, keanggotaan Cabang IKASTARA, dan mekanisme Musyawarah Cabang.
  • Aturan Internal Cabang IKASTARA berlandaskan kepada Anggaran Dasar IKASTARA dan Anggaran Rumah Tangga IKASTARA dengan tetap memperhatikan SKEP PP IKASTARA, TAP PP IKASTARA, dan SKB PP – DP

 

Pasal 16

Kepengurusan Cabang IKASTARA

  • Ketua PC IKASTARA ditentukan melalui mekanisme Musyawarah Cabang.
  • Ketua PC IKASTARA memiliki hak prerogatif untuk membentuk dan menyusun kepengurusannya serta menunjuk Anggota Biasa IKASTARA yang dianggap sesuai dan mampu untuk tiap-tiap jabatan.
  • Kepengurusan Cabang sekurang-kurangnya terdiri dari Ketua PC IKASTARA, Sekretaris, dan Bendahara.
  • PC IKASTARA menyusun Rencana Kerja Kepengurusannya.
  • PC IKASTARA mengirimkan satu berkas salinan Rencana Kerja dan/atau Program Kerja Pengurus Cabang kepada PP IKASTARA.
  • PC IKASTARA melaporkan Susunan Kepengurusan Cabang setiap terjadi perubahan susunan kepengurusan.
  • PC IKASTARA menyerahkan laporan pertanggungjawaban dana yang dialokasikan oleh PP IKASTARA.

 

BAB V BADAN SEMI OTONOM

Pasal 17

Pembentukan Badan Semi Otonom

  • IKASTARA memiliki Badan Semi Otonom (BSO) yang dibentuk untuk mengakomodasi aspirasi Anggota IKASTARA yang secara khusus ingin mengembangkan wawasan dan/atau beraktivitas secara berkelompok menurut bidang keahlian, keprofesian, dan minat masing-masing Anggota IKASTARA, tidak berbadan hukum,dan menggunakan identitas IKASTARA.
  • Setiap kelompok keahlian, keprofesian, dan minat, hanya boleh membentuk satu BSO.
  • Kelompok yang memiliki kesamaan minat/ keahlian/ keprofesian tersebut dapat melaporkan pembentukan BSO kepada PP I
  • Keanggotaan BSO IKASTARA bersifat eksklusif.
  • Pengesahan atas pembentukan dan pembubaran BSO ditetapkan melalui SKKU PP IKASTARA.
  • PP IKASTARA memfasilitasi pengembangan dan pembinaan BSO.
  • PP IKASTARA berwenang meminta pertanggungjawaban administrasi dan keuangan kepada Ketua BSO untuk dana yang dialokasikan dari PP IKASTARA.
  • Pengesahan Ketua BSO dituangkan dalam bentuk SKKU PP IKASTARA.

 

 

BAB VI KEKAYAAN IKASTARA 

Pasal 18

Penerimaan Keuangan

  • Sumber kekayaan IKASTARA mencakup walaupun tidak terbatas pada: Iuran Anggota IKASTARA, Sumbangan yang tidak mengikat, Hibah dan penerimaan sah yang tidak mengikat serta Usaha yang sah dan halal.
  • Iuran Anggota IKASTARA adalah sejumlah uang yang dibayarkan oleh Anggota IKASTARA kepada PP IKASTARA yang merupakan salah satu kewajiban Anggota IKASTARA.
  • PP IKASTARA bersama dengan Dewan Pengawas memiliki wewenang untuk menentukan mekanisme maupun besaran Iuran Anggota IKASTARA dan dituangkan dalam SKB PP – DP IKASTARA.

 

Pasal 19

Pengelolaan Kekayaan IKASTARA

  • PP IKASTARA memiliki wewenang untuk mengelola kekayaan IKASTARA yang ditangani oleh Bendahara Umum PP IKASTARA setelah berkonsultasi dalam Rapat Kerja.
  • Ketua Umum PP IKASTARA berkoordinasi dengan Bendahara Umum dapat menetapkan mekanisme dan tata kelola kekayaan IKASTARA
  • Wewenang PP IKASTARA untuk mengelola kekayaan IKASTARA dapat meliputi pengelolaan kekayaan atas Dana yang dikumpulkan untuk tujuan khusus seperti Beasiswa atau Dana lainnya.
  • Dana yang diperoleh PP IKASTARA dari Hasil Penerimaan Keuangan dapat digunakan walaupun tidak terbatas untuk membiayai kegiatan IKASTARA.
  • Dana yang diperoleh PC IKASTARA dan BSO dari sumber-sumber yang sah dan halal merupakan kekayaan PC IKASTARA dan BSO yang terpisah dari kekayaan IKASTARA.
  • Laporan Pertanggungjawaban Keuangan diaudit oleh auditor independen sebelum satu masa kepengurusan berakhir, untuk dilaporkan pada saat MUNAS

 

 

BAB VII PERATURAN-PERATURAN IKASTARA 

Pasal 20

Jenis-Jenis Peraturan Dewan Pengawas

  • Dewan Pengawas dapat mengeluarkan Surat Ketetapan Dewan Pengawas untuk melaksanakan tugas dan menggunakan wewenang Dewan Pengawas.
  • Dewan Pengawas dapat menetapkan Surat Keputusan Dewan Pengawas untuk kepentingan internal Dewan Pengawas.

 

Pasal 21

Jenis- Jenis Peraturan PP IKASTARA

  • Ketua Umum PP IKASTARA dapat mengeluarkan SKKU PP IKASTARA untuk menunjuk dan menetapkan Anggota PP IKASTARA, pembentukan Dewan Penasehat, Ketua BSO serta sebagai referensi mengenai Tugas, Tanggung Jawab dan Wewenang seluruh Anggota PP IKASTARA.
  • PP IKASTARA dapat mengeluarkan TAP PP IKASTARA melalui Rapat Kerja untuk menjadi petunjuk teknis maupun petunjuk pelaksanaan program kerja PP IKASTARA dan sebagai rujukan pembentukan dan/atau pembubaran BSO.
  • Anggota PP IKASTARA dapat mengeluarkan SKEP PP IKASTARA sebagai referensi, namun tidak terbatas untuk pembentukan dan pembubaran Kelompok Kerja serta penunjukan Tugas, Tanggung Jawab dan Wewenangnya.

 

Pasal 22

Surat Keputusan Bersama

  • PP IKASTARA bersama dengan Dewan Pengawas dapat mengeluarkan SKB PP – DP IKASTARA yang sifatnya mengikat kepada seluruh Anggota IKASTARA.
  • SKB PP – DP IKASTARA dapat menetapkan tentang, namun tidak terbatas pada penetapan Rencana Kerja IKASTARA dan jumlah iuran Anggota IKASTARA.

 

 

BAB VIII PENGGUNAAN NAMA DAN LAMBANG

Pasal 23

Penggunaan Nama

  • Nama IKASTARA adalah milik perhimpunan IKASTARA.
  • Nama IKASTARA hanya dapat dipergunakan secara resmi oleh IKASTARA sesuai dengan Kelengkapan Organisasi yang ada yaitu MUNAS, Dewan Pengawas dan Pengurus IKASTARA.
  • Nama IKASTARA dapat digunakan oleh anggota IKASTARA untuk kegiatan di luar kegiatan resmi yang tidak menimbulkan akibat hukum pada IKASTARA
  • Nama IKASTARA dapat menjadi elemen nama dari BSO atau kegiatan dengan persetujuan dari PP IKASTARA

 

Pasal 24

Penggunaan Lambang

  • Lambang IKASTARA adalah milik perhimpunan IKASTARA.
  • Lambang IKASTARA hanya dapat dipergunakan secara resmi oleh IKASTARA sesuai dengan Kelengkapan Organisasi yang ada yaitu MUNAS, Dewan Pengawas dan Pengurus IKASTARA.
  • Lambang IKASTARA dapat digunakan oleh anggota IKASTARA untuk kegiatan di luar kegiatan resmi yang tidak menimbulkan akibat hukum pada IKASTARA
  • Lambang IKASTARA yang digunakan ditetapkan dalam SKB PP DP

 

 

BAB IX PERUBAHAN

Pasal 25

Perubahan Anggaran Rumah Tangga IKASTARA

Usulan mengenai Perubahan Anggaran Rumah Tangga IKASTARA diajukan oleh PP IKASTARA kepada Dewan Pengawas untuk mendapatkan pengesahan.

 

 

Arsip bertanda tangan : ART IKASTARA 2017-2020 (signed)

 

Profil Alumni

BUKIT BUNDA, Sensasi Berpetualang Kekinian di BLITAR, Jawa Timur

Alumni TN, sosok dibalik BUKIT BUNDA BLITAR
Nama Miftakhul Ahsan mungkin lebih dikenal oleh sebagian alumni TN sebagai seorang pilot dengan jam terbang tinggi di rute2 lintas negara.
Abang angkatan pertama SMA Taruna Nusantara ini memang telah 20 tahun bertugas sebagai pilot, yakni selepas lulus dari pendidikan di Massey University pada tahun 1996.

Tanggal 9 Mei 2016, menjadi hari bersejarah dalam kehidupannya, karena di hari inilah untuk terakhir kalinya Bang Miftah melakukan penerbangan terakhir sebagai pilot, dengan mengendarai pesawat Boeing Dreamliner 787, Qatar Airways, pesawat komersil paling modern dan canggih saat ini.

Captain Pilot Miftakhul Ahsan (berdiri) sedang berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai profesi pilot di depan siswa SMA Taruna Nusantara Magelang (Dok Pribadi)


Memulai Cita-Cita Baru
Namun tentu saja, ini bukanlah akhir dari perjuangan seorang Miftakhul Ahsan. Langkah beraninya meninggalkan puncak karier sebagai pilot, yang merupakan cita2nya sejak dulu kala, justru merupakan awal dari dimulainya sebuah cita-cita baru yang lebih luhur, yakni untuk kembali ke tanah air dan mengabdikan diri kepada masyarakat sebagai Pengusaha Bisnis Wisata. 

Bukit Kapur untuk Petualangan Yang Kekinian
Sebuah bukit kapur di perbatasan Blitar dan Tulung Agung diubah menjadi tempat wisata  dan edukasi oleh Bang Miftah dan timnya. Sekilas mungkin lokasi wisata ini terlihat kurang menjanjikan, panas, gersang dan berdebu. Namun berkat kepiawaian dan mimpinya untuk bisa mewujudkan cita2 ini, perlahan namun pasti masyarakat dapat melihat bagaimana Taman Rekreasi dan Edukasi keluarga BUKIT BUNDA mulai berkembang dan dikenal banyak orang.


Di kalangan netizen sendiri, wisata Bukit Bunda dikenal sebagai tempat dengan banyak spot-spot foto kekinian. Tak heran bila kita klik tagar bukit bunda di Instagram, dengan mudah akan banyak bermunculan foto2 para pengunjung di berbagai spot yang ada di Bukit Bunda. Namun yang menarik dan unik dari Bukit Bunda, adalah tersedianya banyak wahana petualangan yang memicu adrenalin, diantaranya : off road menggunakan motor trail, mobil komodo, serta berkeliling Bukit Bunda dengan mengendarai Jeep Wilyz. Sebuah pengalaman yang sensasional dan mengundang minat pengunjung untuk mencoba.


 

Wisata Keluarga dan Edukasi
Namun lebih dari itu, sebagai pemilik Bang Miftah mengharapkan Bukit Bunda bisa menjadi destinasi wisata yang sekaligus juga tempat edukasi keluarga. Untuk itu berbagai wahana bermain yang mencerdaskan, namun tetap menyenangkan tersedia di Bukit Bunda. Hal ini tentu saja dengan harapan para pengunjung yang datang bisa memiliki pengalaman yang berkesan dengan datang ke Bukit BUnda..

 

Sajian kuliner berupa menu yang unik, terjangkau dan mengedepankan kekeluargaan terwujud dalam Angkringan BUKIT BUNDA. Pengunjung dapat berfoto di kaki-kaki bukit yang menanjak atau di puncak bukit dan memanfaatkan motor trail, mobil Komodo, juga Jeep wilyz untuk mengelilingi bukit, Selain itu, Bukit Bunda juga dilengkapi dengan wahana seperti kolam renang, jogging  track, flying fox, ruang terbuka hijau.


Yang patut diapresiasi, untuk mewujudkan ini Bang Miftah melalui Bukit Bunda secara aktif merangkul masyarakat sekitar untuk terlibat. Bukit Bunda juga memfasilitasi UKM untuk bersinergi bersama, memasarkan produk kerajinan rumahan mereka di stand souvenir yang disediakan di Bukit Bunda, serta menggalanng kerjasama dengan Pemerintah setempat serta komunitas dan organisasi kemasyarakatan yang ada di sekitar Bukit Bunda. Karena Bagi Bang Miftah “urip iku kudu urup“, bahwa hidup itu harus menyala dalam arti bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Maka tidak berlebihan bila di cita-citanya kali ini Dia berharap bisa mewariskan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, baik yang sifatnya bisnis maupun sosial. Sukses selalu untuk Bisnis nya Bang.

 

LOMBA & PENGUMUMAN

Pengumuman 10 Nominator – Ikastara : Photography Challenge 2017

Dalam Rangka memeriahkan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Ikastara mengadakan lomba foto di Instagram @ikastara dengan tema “MERAH PUTIH”.

 

Dewan juri dalam perlombaan ini adalah Prio Adhi Setiawan, instagram @priotography, alumni TN angkatan IV, profesional fotografer berbasis di Hamburg, Jerman dan merupakan salah satu pendiri Ikastara Photography Community (IPC).

Dalam memilih 10 nominator, Prio mengatakan ” Foto yang terbaik adalah yang sesuai dengan tema, secara teknis mendekati sempurna, moment tak tergantikan, komposisi dan angle unik serta yang paling banyak membuat penikmat foto merasakan soul dan mood dikaitkan dengan merah putih.”

Juri memilih foto-foto yang sebelumnya telah disaring oleh admin berdasarkan aturan lomba. Selama Periode lomba, terdapat sekitar 1125 foto yang memenuhi ketentuan mention/tag, melakukan penyantuman hastag di setiap postingan dan editing. Namun sayang sekali, banyak foto potensial yang menarik perhatian juri namun ternyata tidak memenuhi aturan ini.

Melalui seleksi yang sangat ketat akhirnya terpilihlah 10 nominator berikut (yang kami posting berurutan berdasarkan abjad).

1. @_warisan_nusantara_

 

2. @ahmedsaifulloh

 

3. @ben_bejo

 

4. @cemaragunung

 

5. @djeffact_random

 

6. @djeffact_random

 

 

7. @indraa_syahputra

 

8. @rinocacing


9. @sayasenang


10. @wawanabhe

 

Kepada 10 nominator, harap mengirimkan file foto high ressolution nya tanpa menghilangkan data EXIF nya ke alamat email mediacenter.ikastara@gmail.com paling lambat tanggal 8 Sep 2017 pukul 15.00 wib dengan menyertakan keterangan
– Nama Lengkap :
– Nama Akun Instagram :
– No Telp /HP ;

Tak lupa kami ucapkan terima kasih yang sbeesar-besarnya atas seluruh partisipasi dan apresiasi akan lomba ini.
Tunggu pengumuman pemenangnya pada tanggal 11 Sep 2017.

Salam,

Ikastara

Artikel, Opini

Begini 5 Modus Kontroversial untuk Mendapatkan Medali

Langkah tim sepak takraw putri Indonesia saat melakukan walkout lawan Malaysia dalam ajang SEA Games 2017 tempo hari, karena keputusan wasit yang berat sebelah, bukanlah fenomena baru dalam ajang kompetisi olahraga antar-negara. Sejarah mencatat, negara yang menjadi tuan rumah cenderung lebih mudah mendapatkan medali karena berbagai hal. Contohnya seperti dukungan suporter yang masif sehingga para atlet mendapatkan motivasi ekstra dalam bertanding.

Namun, faktor-faktor lain juga sering menjadi pendorong kemudahan negara penyelenggara dalam memperoleh medali. Banyak diantaranya dilakukan dengan cara yang kontroversial.

 

Modus

Berikut 5 modus yang sering dilakukan untuk meraih medali:
1. Gangguan Suporter
Intimidasi dari fans pendukung tuan rumah adalah hal yang jamak dalam olahraga permainan. Mulai dari yel-yel yang bersifat provokatif untuk mengganggu konsentrasi tim lawan, sampai dengan hal-hal ekstrim dengan mendatangi penginapan tim lawan pada malah hari agar tim lawan tidak dapat tidur nyenyak.

Pada Piala Dunia 2010, supporter Afrika Selatan meniupkan terompet Vuvuzela yang bernada sumbang saat pertandingan. Rivalitas Indonesia – Malaysia juga pernah diwarnai dengan insiden penembakan sinar laser oleh suporter pada saat pertandingan final AFF – 2010 sehingga timnas Indonesia sempat melakukan protes keras pada wasit.

2. Undian yang menguntungkan
Pengaturan undian dilakukan agar negara penyelenggara mendapatkan grup yang relatif ‘‘mudah’’ sehingga dapat lolos ke Babak selanjutnya. Contoh paling segar adalah undian cabang olahraga Sepakbola SEA Games 2017 dimana tim tuan rumah ditempatkan di Grup A yang hanya terdiri dari 5 tim, sedangkan Grup B diisi oleh 6 tim dengan negara-negara yang cukup kuat seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Tim tuan rumah memiliki keuntungan cukup besar dengan pembagian grup ini karena hanya bertanding 4x dan memiliki waktu istirahat lebih lama dalam babak penyisihan Grup dibandingkan dengan tim-tim di Grup B. Jika tim tuan rumah lolos ke Semifinal, mereka akan melawan salah satu wakil Grup B yang energi nya sudah cukup terkuras habis karena masuk dalam ‘‘Grup Neraka‘‘.

3. Kepemimpinan wasit
Keputusan wasit yang berat sebelah adalah modus yang paling ‘‘kasar‘‘ dalam pertandingan karena dapat terlihat dengan jelas oleh para penonton sehingga dapat mencederai citra cabang olahraga tersebut. Cabang-cabang olahraga yang sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan Juri atau wasit adalah cabang olahraga permainan seperti Sepakbola, Voli, Basket, dan Sepak Takraw.

Kepemimpinan juri yang kontroversial juga bisa dilakukan secara tidak langsung. Misalnya Negara A akan memantau Negara B dan C sebagai calon lawan di babak final. Jika Negara B dipandang lebih kuat, maka wasit dari Negara A akan ‘’mengerjai’’ Negara B saat semifinal, sehingga di Babak Final akan mendapatkan lawan Negara C yang relatif lebih lemah. Cara – cara kontroversial seperti ini tentu sulit dilakukan untuk olahraga terukur seperti lari dan renang karena tidak ada subyektifitas kepemimpinan wasit.

4. Penambahan cabang olahraga
Penambahan cabang olahraga (Cabor) yang tidak familiar di negara lain adalah cara yang paling mudah bagi negara tuan rumah untuk menambang medali. Indonesia pernah menambahkan Cabor Tarung Derajat pada SEA Games 2011; sedangkan pada Sea Games 2017 tim tuan rumah menambahkan beberapa cabor baru seperti Figure Skating, Bridge dan Cricket.

Selain menambahkan cabang olahraga baru, tim tuan rumah dapat menghilangkan cabang-cabang lain yang bukan merupakan lumbung medali bagi negaranya. Contohnya perahu naga yang menjadi andalan Indonesia di SEA Games 2011 dan 2013 tidak dipertandingkan dalam SEA Games 2017 karena Tim Malaysia tidak cukup kuat dalam cabang ini.

5. Pengaturan Panitia Penyelenggara
Berbagai aspek non-teknis juga dapat menjadi faktor pendukung untuk menyisihkan tim lawan. Hal ini sangat bergantung pada kreativitas panitia penyelenggara untuk merusak konsentrasi lawan. Entah hal itu dilakukan secara sengaja atau tidak, tapi manajemen yang buruk dari panitia penyelenggara sering kali ditemui. Di SEA Games 2017, timnas Sepakbola Indonesia sempat diberitakan kehabisan jatah breakfast di Hotel tempat penginapan. Insiden lain adalah bendera terbalik Indonesia di buku Panduan SEA Games 2017.

Di Piala AFF 2010, Nurdin Halid pernah mengklaim bahwa panitia pelaksana membuat pemain Indonesia menunggu lama kedatangan bus ke tempat latihan. Nurdin juga menyatakan bahwa terdapat taburan berupa serbuk di depan gawang saat timnas berlatih dan membuat beberapa kiper gatal-gatal.

 

Menjadi Pionir Agen Perubahan

Fair Play adalah suatu konsep yang kompleks dan tidak hanya berhubungan dengan dunia olahraga, tapi juga mencerminkan nilai-nilai luhur yang diterapkan seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai bangsa yang berkarakter, Indonesia harus menjadi pionir agen perubahan untuk menghilangkan tradisi buruk yang menghalalkan segala cara untuk memperoleh medali. Hal ini dapat kita mulai dalam event Asian Games 2018, dimana Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara. Nilai-nilai persahabatan, integritas, spirit kebersamaan dan solidaritas antar bangsa harus menjadi nilai-nilai yang dijunjung tinggi.

 

(AHS/TN11)

 

 

 

Abdil Halimis Stani

Penulis adalah Pemerhati Olah Raga dan Alumni TN angkatan XI.

 

Artikel, Kekerabatan dan Sinergi Alumni

Adu Gengsi Dalam Berfantasy

 

Pernah berfantasy kan? Ngayal-ngayal dikit, menyenangkan diri, dengan harapan akan terjadi hal yang indah disuatu saat nanti. Nantiiiiiiiii……. Hehe

Asyik kan berfantasy? Lebih asyik lagi kalo fantasy nya berjamaah. Lho?

Tentang Fantasy Football
Fantasy football paling seru kalau dilakukan berjamaah, rame-rame sama teman-teman. Kita bisa membuat liga sendiri (private league) untuk satu musim yang isinya satu group kita sendiri. Kalau terpaksa gak ada teman yang mau diajakin, kita bisa join liga yang ada, baik domestik maupun global (public league).

Dalam Fantasy Football, kita bak seorang manager suatu klub sepak bola, yang bebas memilih pemain untuk mengarungi satu musim kompetisi dan memenangkan Liga. Kita diberi modal awal untuk belanja pemain dan menentukan starting XI disetiap minggunya, termasuk menentukan siapa yang akan jadi Kapten nya.

Pemain yang dipilih sesuai dengan kondisi riil nya atau setidaknya sesuai dengan penilaian riil di lapangan. Semakin jago pemain, tentunya didukung oleh statistik dia sebelumnya, maka semakin mahal harga pemain itu.

Ada beberapa operator penyelenggara fantasy football ini. Antara lain EA Sport, Fantrax, atau ada juga Supper Soccer nya Djarum, dll. Liga nya pun bermacam-macam, ada liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italy, dll.

Nah, tentu saja yang paling seru adalah Liga Inggris atau Premier League.

 

Fantasy Premier League
Liga Inggris menjadi favorit karena persaingannya begitu ketat. Tidak ada segelintir tim yang mendominasi, seperti Madrid – Barca di Liga Spanyol, Muenchen-Dortmund di Liga Jerman, PSG di Liga Prancis, Juve di Liga Italy, dll. Di Premier League, sering terjadi tim besar kalah dengan tim kecil yang peringkat klasemennya jauh di bawahnya. Banyaknya pemain bintang yang bermain di Premier League juga membantu kita menentukan pemain pilihan di tim yang tidak hanya “itu-itu saja”.

Operator resmi dari Fantasy Premier League (FPL) adalah EA Sport. Link nya adalah fantasy.premierleague.com. Selain dari website, kita juga bisa download aplikasinya di android maupun ios.

Setiap pemain akan diberi modal £100, kita harus memilih 15 pemain. Komposisi 15 pemain itu adalah 2 kiper, 5 pemain belakang, 5 pemain tengah, dan 3 penyerang. Dalam 1 team kita itu dibatasi maksimal 3 pemain dari klub yang sama. Jadi buat yang fanatik akan klub tertentu, terpaksa harus sedikit menurunkan kadar fanatisme nya. Buat yang belum pernah main fantasy football, jangan kira kita bisa mengisi full tim kita dengan pemain bintang, karena modal £100 itu sangat pas-pas an.

Setiap minggunya kita harus menentukan starting XI. Jika ada pemain di starting XI kita tidak main di minggu itu, maka otomatis akan diganti oleh pemain cadangan. Kita juga harus menentukan Kapten dan Wakil Kapten dengan hati-hati, karena disetiap minggu, sang kapten akan mendapatkan point double. Kalau Kapten tidak main diminggu itu, akan digantikan oleh wakil kapten. Penentuan kapten ini bisa sangat membedakan point kita di setiap minggu dengan para “saingan” kita.
Dengan modal pas-pas an itu, kita juga bisa atur strategi untuk misalnya fokus ke penyerang saja, pemain tengah saja, atau bek saja dengan komposisi lebih banyaknya pemain bintang di posisi tersebut. Harga penyerang dan pemain tengah biasanya lebih mahal dibanding bek atau kiper. Fokus komposisi ini juga bisa terlihat dari formasi yang kita pilih, bisa 4-4-2, 3-4-3, atau 3-5-2. Formasi akan berubah oleh sistem jika ada beberapa pemain yang tidak main dan diganti oleh cadangan yang berbeda posisi.

 

foto : Contoh harga pemain FPL 2017

 

Setiap minggu, pemain diberi free 1x untuk transfer atau jual-beli pemain. Lebih dari 1x, akan dikenakan penalty 4 point. Ada 3 booster penting yang disediakan untuk memaksimalkan point atau adu strategi. Antara lain

1. Bench boost.
Nilai semua pemain cadangan (di luar starting XI) akan dihitung di point total. Hanya dapat digunakan 1x sampai akhir musim.
2. Free Hit / Wild Card
Bebas transfer atau jual beli pemain berapapun, tanpa batasan jumlah, asal dananya mencukupi. Dapat digunakan 1x tiap setengah musim, atau 2 x dalam 1 musim.
3. Triple Captain
Point Kapten akan dikalikan 3. Dapat digunakan 1 x dalam satu musim.

Pelajari dengan seksama sistem scoring nya, agar kita bisa memilih pemain dengan tepat.

 

 

Tips and Trick

Ikastara setiap musimnya selalu menyelenggarakan kompetisi fantasy football premier league ini dengan peserta tiap tahunnya sekitar 50 orang. Juara tahun lalu adalah Tim Ciheulang, dengan Pundit atau managernya adalah Mohammad Firmansyah (PMan) , Alumni TN angkatan XI, yang sehari-hari berprofesi sebagai seorang engineer.

foto : Mohammad Firmansyah, Juara Ikastara Fantasy Premier League 2016.

 

Menurut PMan, tahun lalu adalah kali perdana dia main FPL. Sebelumnya dia ikut fantasy Euro 2016 yang diselenggarakan oleh Ikastara juga, ternyata menarik. Setelah itu dia iseng nyobain main FPL. “Seru juga, hehehe…”, PMan terkekeh saat ditanya alasannya ikut FPL.

Dan ini yang penting buat dicontek, Tips dan Trick PMan selama semusim main FPL
1. Pantau line up, formasi, dan strategi tiap tim. Buat menentukan pemain yang main dan potensi menyumbang poin besar.
2. Pakai chips (bench boost dan triple captain) dan wildcard di saat yang tepat.
3. Lihat jadwal kapan ada blank dan double gameweek.
4. Sabar kalau mau transfer pemain. Pantau harga kapan akan naik/turun.
5. Follow akun-akun twitter yang berhubungan dengan FPL. Saat ini total ada 57 akun (plus akun klub) yang di-follow buat tau update dan strategi2 terbaru.

Terakhir, saat ditanya rasanya jadi juara Ikastara FPL, PMan menjawab “Seru. Apalagi nikungnya di minggu terakhir.”

foto : Chat WA group Pundit TNXI 

 

Buat yang berminat ikut Ikastara FPL, buat team mu dan join private league dengan kode 821176-197320 di website fantasy.premierleague.com. Ayo buruan join, deadline sampai tanggal 11 Agustus 2017, sebelum Kick Off Perdana Premier League dimulai.

Memang tidak ada hadiah untuk sang juara, tapi Adu Gengsinya itu lho yang bikin Grengggg.

(fdp/tn11)

Ruang Komunikasi Bersama

HUT-27 SMA TARUNA NUSANTARA

Peringatan Hari Ulang Tahun SMA TN yang ke 27
Juli selalu menjadi bulan yang istimewa bagi kita para alumni SMA Taruna Nusantara. Tepat di Tanggal 14, setiap bulan Juli akan diperingati sebagai Hari Ulang Tahun SMA TN yang pada tahun ini telah mencapai usia ke 27. Untuk memaknai kegiatan ini, maka akan diselenggarakan sebuah kegiatan pertemuan antar alumni, untuk meningkatkan hubungan kekerabatan dan memperkuat sinergi alumni, yakni : Ruang Komunikasi Bersama

RKB sarana Memperkuat Sinergi Alumni
Istilah RKB sengaja dipilih pada pelaksanaan acara ini, untuk dapat mewakili kenangan akan suasana hangat di ruang makan bersama kita semasa dulu di asrama SMA TN. Event serupa telah dilaksanakan pada beberapa waktu sebelumnya bertempat di Conclave Wijaya, Jalan Wijaya 1 No. 5C, (Tendean-Wijaya Intersection), RT.7/RW.4, Petogogan, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170.

Namun tidak seperti saat masih SMA yang harus duduk tegap rapi dan seragam saat di meja makan, kali ini kita dapat berbincang dalam suasana yang lebih santai dan akrab dengan seluruh alumni tanpa memandang dari angkatan berapa kita datang. Suasana seperti ini sengaja dihadirkan untuk lebih mengakrabkan hubungan antar alumni. Tidak heran bila beberapa kawan tidak pernah melewatkan kesempatan menghadiri pertemuan IKASTARA, demi bisa menjalin hubungan silaturahmi dengan abang-abang yang lebih senior, Dan tidak sedikit juga abang yang sengaja datang ke acara ini untuk menemukan bakat-bakat terpendam dari adik-adiknya, untuk bisa dikembangkan bersama dalam bisnis atau karier yang saat ini sedang dijalani. Tidak hanya bermanfaat untuk mengembangkan jaringan sosial pertemanan kita dengan lebih banyak orang. Event pertemuan alumni ini juga bisa menjadi salah satu batu lompatan untuk mengubah status di KTP, dari single menjadi tidak single lagi.

Bersama Membangun Negeri
Topik utama yang akan diangkat sebagai materi pada “Ruang Komunikasi Bersama Keluarga Besar SMA Taruna Nusantara” kali ini adalah :
Bersama Membangun Negeri. Pada sarasehan ini akan dibahas langsung dalam sesi talkshow, apa saja hal-hal yang bisa dilakukan untuk memberikan kontribusi postif pada pembangunan Bangsa dan Negara kita.

Dan tidak tanggung-tanggung, akan hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini diantaranya :
– Ibu Beny Moerdani (istri dari Alm Bapak LB Moerdani)
– Bapak Try Sutrisno ( Wakil Presiden ke-6 Republik Indonesia)
– Bapak Ryamizard Ryacudu (Menteri Pertahanan RI)

Pengurus Ikastara saat halal bi halal ke Rumah Bapak Try Sutrisno pada Lebaran kemarin.

Tentunya akan banyak sekali ilmu dan pengalaman baru yang akan kita dapatkan dari moment sarasehan dan talkshow pada kesempatan ini.
Acara akan dilangsungkan di Jakarta, tapatnya di :

AULA A.H Nasution Lt 16
Gedung Kementerian Pertahanan RI, Jakarta Pusat
Hari Jum’at 14 Juli 2017
pkl 18.30 wib sd selesai
Dress code : Formal (Batik, Rapi, Bersepatu)

 

CARA PENDAFTARAN
Bagi anggota Ikastara yang berminat untuk mengikuti kegiatan ini,
dapat melakukan pendaftaran di link berikut
https://goo.gl/forms/VvzyZ3T1mOidORhw1

Dan membayar biaya kontribusi acara sebesar Rp 100.000, dan khusus mahasiswa S1 diberi subsidi 50%, sehingga cukup membayar Rp 50.000 saja
Pembayaran dapat dilakukan melalui Transfer ke rekening Mandiri Ikastara: 1190006011124 dengan menambahkan NOSIS pada keterangan transfer (bukti transfer harap dibawa pada saat acara). Detail lain mengenai pendaftaran, dapat ditanyakan atau menghubungi  Ayu :0812.9114.2298

Note : apabila ada rekan alumni yang berminat hadir namun saat ini terkendala dan memiliki keterbatasan dengan biaya kontribusi, jangan ragu menghubungi tim media ikastara melalui email : mediacenter.ikastara@gmail.com  akan kami bantu untuk mewujudkan semangat dan keinginan untuk terus belajar rekan-rekan alumni agar dapat bergabung bersama kami di event ini. (kie)


sampai jumpa di event RKB berikutnya

[ssba]

Artikel, Healthy

Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

LIBUR LEBARAN vs TIMBANGAN BADAN
Libur lebaran 2017 baru saja berlalu buat sebagian kalangan pekerja. Setidaknya hampir semua masyarakat Indonesia berbahagia dalam periode cuti panjang tersebut, baik yang merayakan lebaran dan hari raya, maupun yang menikmati liburan panjang. Serangan bertubi-tubi dari opor ayam, ketupat sayur, rendang dan berbagai camilan khas lebaran susah untuk dielakkan. Buat yang liburan keluar kota, godaan untuk berwisata kuliner dan update status saat menyantap kuliner favorit daerah setempat juga pasti sulit untuk dilewatkan.

Hasilnya, saat libur lebaran berakhir, jangan salahkan timbangan jika angkanya bertambah dari yang sebelumnya.

 

(foto : instagram @g4mma)

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita mulai lagi untuk aktif berolahraga agar dapat menurunkan berat badan yang kemaren bertambah, atau syukur kalau bisa menjadi lebih ideal dan sehat. Bersepeda adalah salah satu alternative.

BERSEPEDA, GAYA HIDUP YANG BERDAMPAK PADA KESEHATAN
Dari sisi medis, menurut alumni TN angkatan 7, dr Daffodilone Cahyadi SpOT (Orthopaedi & Traumatologi) — bedah tulang di RS Pondok Indah Bintaro, “Bersepeda dapat menurunkan berat badan karena kalori yg terbakar saat melakukan aktivitas olahraga bersepeda”

dr Daffo menerangkan, “Bersepeda merupakan salah satu olahraga yg dianjurkan oleh ACSM (American College of Sport Medicine) tahun 2011 karena termasuk dalam aktivitas fisik dengan intensitas sedang. Dalam bersepeda dapat membakar lemak 40 kalori per mile, dan dalam 1 jam bersepeda bisa menempuh jarak 15 mile. Hal ini sebaiknya juga ditunjang dengan diet atau menjaga asupan makanan sehingga dapat mempercepat penurunan berat badan.”

“Keuntungan paling besar dalam bersepeda adalah merupakan olahraga non weight bearing — sehingga orang dengan obesitas juga dapat melakukan olahraga bersepeda.Benefit lainnya : badan tetap fit, menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. ACSM menganjurkan exercise bersepeda 30 menit sehari dan dilakukan 3x seminggu. The harder you work, the more calories you will burn”, terang dr Daffo.

TIPS AMAN BERSEPEDA
Ketika ditanya hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam Bersepeda, dr Daffo menyebutkan point-point berikut

– Safety first (helm etc).
– Lakukan pemanasan sebelum bersepeda dan stretching setelah bersepeda.
– Fit Bike ( pemilihan frame sepeda sesuai ukuran, jarak saddle dan pedal, maupun interface hand-handlebar).
– Stay hydrated selama bersepeda
Terakhir dr Daffo menyampaikan, “Selamat Bersepeda!”

(stay hydrated. Foto : fdp)

Turut menambahkan, dr Wahyu Wijayanti, dokter umum, alumni TN angkatan 11, ” Bersepeda, walaupun kalori yang terbakar lebih sedikit dibanding lari (dalam durasi waktu yang sama), dapat menjadi pilihan untuk orang paska cedera otot maupun sendi yang tidak diperbolehkan ada penekanan pada sendi yang terlalu berat. Dengan bersepeda yang rutin dan teratur, selain kekuatan otot bertambah, kalori terbakar, dan ada penurunan berat badan, ditambah juga bonus menurunkan tingkat stress karena hormon endorfin nya keluar juga.”

(bersepeda mengurangi stress. Foto :fdp)

BERSEPEDA BERSAMA IKASTARA
Menurut salah satu penggiat bersepeda di Ikastara, Gamma Quieto Riantori, alumni TN angkatan 8, ketika ditanya bagaimana sebaiknya membuat jadwal atau program bersepeda yang baik, dijelaskan ” Jika bukan bersepeda untuk prestasi, waktu minimal sekali seminggu pada hari Sabtu atau Minggu, sudah cukup untuk menjaga kondisi. Minimal bersepeda sejauh 20 – 30 km dan maksimal sekuatnya. ”

Dia menambahkan, “Jika memungkinkan, baik dari waktu tempuh maupun jarak, layak dicoba juga untuk bersepeda ke kantor (bike to work), misalnya sekali seminggu pada hari jumat. ”

Gamma sudah mulai bersepeda rutin sejak bulan September 2014, bergabung dengan komunitas Pecinta Sepeda Ikastara (PESIAR). Alasan Gamma hobby bersepeda karena awalnya dia mendapat kado dari istri berupa sepeda, dan itu menjadi motivasi lebih karena untuk menyenangkan istri, sambil tentunya berolahraga. Dia mulai latihan rutin dan akhirnya memberanikan diri untuk mengikuti Tour de Pirikan (TdP) 2015 dan 2016.

TdP adalah event tahunan, bersepeda bersama yang diselenggarakan oleh PESIAR. TdP tahun 2017 ini akan diadakan di bulan September, dengan rute start dari Bandung dan finish di Magelang.

(fdp/tn11)