Komunitas

Selain struktur organisasi formal, Ikastara juga terafiliasi dengan beberapa Badan Otonom (BO), Badan Semi-Otonom (BSO), dan Komunitas. Kelompok-kelompok ini terbentuk atas dasar peminatan para anggota Ikastara akan kajian atau komponen yang spesifik. Umumnya kelompok ini mengelola keanggotaan dan aktivitasnya secara swadaya, dan berhubungan dengan Ikastara dalam tataran koordinatif dan kerjasama. Berikut adalah daftar komunitas Ikastara:

1. Ikastara Photography Community 

Komunitas yang menyatukan anggotanya yang tertarik di bidang fotografi, baik sebagai fotografer, model, pengamat, maupun penikmat fotografi. IPC resmi dibentuk pada tahun 2008 dan menjadi komunitas Ikastara dengan tingkat interaksi yang tinggi di antara para anggotanya. Secara rutin setiap minggunya IPC mengadakan IPC Weekly Challenge, tantangan bagi anggota Ikastara untuk menghasilkan karya foto sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Selain IPC Weekly Challenge, komunitas ini juga kerap kali mengadakan IPC Happy Hunting, sebuah kegiatan bersama yang menggabungkan dunia fotografi dan wisata dalam satu momen. Sampai saat ini tercatat jumlah anggota IPC lebih dari 70 orang, tersebar di Indonesia serta Singapura dan Jerman. IPC juga memiliki media komunikasi mailing list ikastara-photography@googlegroups.com dan juga website www.ipc.ikastara.org.

2. Kelompok Penulis Ikastara (KOPI)

Era keterbukaan informasi dan kebebasan bicara memunculkan “citizen journalism” dimana masyarakat siapa saja dapat menjadi jurnalis di media massa, baik cetak maupun elektronik. KOPI menjadi komunitas yang mewadahi anggota Ikastara yang memiliki minat dan bakat di bidang menulis. Dengan arahan Dodi Mawardi TN1, seorang dosen Ilmu Komunikasi UI dan penulis buku, anggota KOPI belajar banyak hal bagaimana agar pesan di dalam hasil karya tulis mereka dapat tersampaikan dengan baik.

3. Komunitas Olahraga

Kesamaptaan atau kesehatan jasmani adalah salah satu aspek yang diunggulkan oleh siswa SMA Taruna Nusantara. Untuk tetap mempertahankan stamina, alumni SMA Taruna Nusantara memiliki jadwal rutin berolahraga di cabang masing-masing. Seperti misalnya:

1. Happy Futsal Batavia, setiap Sabtu 08.00 dan Selasa 21.00
2. Happy Tennis Ikastara PVJ (Bandung), setiap Sabtu pagi/sore
3. Happy Badminton Ikastara PVJ (Bandung), setiap Sabtu malam
4. Happy Futsal Ikastara PVJ (Bandung), setiap Minggu pagi

4. Dan Komunitas Lainnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s