Artikel, Healthy

Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

LIBUR LEBARAN vs TIMBANGAN BADAN
Libur lebaran 2017 baru saja berlalu buat sebagian kalangan pekerja. Setidaknya hampir semua masyarakat Indonesia berbahagia dalam periode cuti panjang tersebut, baik yang merayakan lebaran dan hari raya, maupun yang menikmati liburan panjang. Serangan bertubi-tubi dari opor ayam, ketupat sayur, rendang dan berbagai camilan khas lebaran susah untuk dielakkan. Buat yang liburan keluar kota, godaan untuk berwisata kuliner dan update status saat menyantap kuliner favorit daerah setempat juga pasti sulit untuk dilewatkan.

Hasilnya, saat libur lebaran berakhir, jangan salahkan timbangan jika angkanya bertambah dari yang sebelumnya.

 

(foto : instagram @g4mma)

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita mulai lagi untuk aktif berolahraga agar dapat menurunkan berat badan yang kemaren bertambah, atau syukur kalau bisa menjadi lebih ideal dan sehat. Bersepeda adalah salah satu alternative.

BERSEPEDA, GAYA HIDUP YANG BERDAMPAK PADA KESEHATAN
Dari sisi medis, menurut alumni TN angkatan 7, dr Daffodilone Cahyadi SpOT (Orthopaedi & Traumatologi) — bedah tulang di RS Pondok Indah Bintaro, “Bersepeda dapat menurunkan berat badan karena kalori yg terbakar saat melakukan aktivitas olahraga bersepeda”

dr Daffo menerangkan, “Bersepeda merupakan salah satu olahraga yg dianjurkan oleh ACSM (American College of Sport Medicine) tahun 2011 karena termasuk dalam aktivitas fisik dengan intensitas sedang. Dalam bersepeda dapat membakar lemak 40 kalori per mile, dan dalam 1 jam bersepeda bisa menempuh jarak 15 mile. Hal ini sebaiknya juga ditunjang dengan diet atau menjaga asupan makanan sehingga dapat mempercepat penurunan berat badan.”

“Keuntungan paling besar dalam bersepeda adalah merupakan olahraga non weight bearing — sehingga orang dengan obesitas juga dapat melakukan olahraga bersepeda.Benefit lainnya : badan tetap fit, menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. ACSM menganjurkan exercise bersepeda 30 menit sehari dan dilakukan 3x seminggu. The harder you work, the more calories you will burn”, terang dr Daffo.

TIPS AMAN BERSEPEDA
Ketika ditanya hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam Bersepeda, dr Daffo menyebutkan point-point berikut

– Safety first (helm etc).
– Lakukan pemanasan sebelum bersepeda dan stretching setelah bersepeda.
– Fit Bike ( pemilihan frame sepeda sesuai ukuran, jarak saddle dan pedal, maupun interface hand-handlebar).
– Stay hydrated selama bersepeda
Terakhir dr Daffo menyampaikan, “Selamat Bersepeda!”

(stay hydrated. Foto : fdp)

Turut menambahkan, dr Wahyu Wijayanti, dokter umum, alumni TN angkatan 11, ” Bersepeda, walaupun kalori yang terbakar lebih sedikit dibanding lari (dalam durasi waktu yang sama), dapat menjadi pilihan untuk orang paska cedera otot maupun sendi yang tidak diperbolehkan ada penekanan pada sendi yang terlalu berat. Dengan bersepeda yang rutin dan teratur, selain kekuatan otot bertambah, kalori terbakar, dan ada penurunan berat badan, ditambah juga bonus menurunkan tingkat stress karena hormon endorfin nya keluar juga.”

(bersepeda mengurangi stress. Foto :fdp)

BERSEPEDA BERSAMA IKASTARA
Menurut salah satu penggiat bersepeda di Ikastara, Gamma Quieto Riantori, alumni TN angkatan 8, ketika ditanya bagaimana sebaiknya membuat jadwal atau program bersepeda yang baik, dijelaskan ” Jika bukan bersepeda untuk prestasi, waktu minimal sekali seminggu pada hari Sabtu atau Minggu, sudah cukup untuk menjaga kondisi. Minimal bersepeda sejauh 20 – 30 km dan maksimal sekuatnya. ”

Dia menambahkan, “Jika memungkinkan, baik dari waktu tempuh maupun jarak, layak dicoba juga untuk bersepeda ke kantor (bike to work), misalnya sekali seminggu pada hari jumat. ”

Gamma sudah mulai bersepeda rutin sejak bulan September 2014, bergabung dengan komunitas Pecinta Sepeda Ikastara (PESIAR). Alasan Gamma hobby bersepeda karena awalnya dia mendapat kado dari istri berupa sepeda, dan itu menjadi motivasi lebih karena untuk menyenangkan istri, sambil tentunya berolahraga. Dia mulai latihan rutin dan akhirnya memberanikan diri untuk mengikuti Tour de Pirikan (TdP) 2015 dan 2016.

TdP adalah event tahunan, bersepeda bersama yang diselenggarakan oleh PESIAR. TdP tahun 2017 ini akan diadakan di bulan September, dengan rute start dari Bandung dan finish di Magelang.

(fdp/tn11)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s