Kekerabatan dan Sinergi Alumni, Pengabdian Masyarakat, Profil Alumni

Silaturahmi ke Dandim 0506/Tangerang

Selasa 12 Januari 2016, PP Ikastara dan Ikastara cabang Tangerang Raya berkesempatan silaturahmi ke Dandim 0506/Tangerang, Letkol Inf H. Achirudin (TN-2). PP Ikastara diwakili oleh Herzaky MP, Wicaksono Aji, dan Dani Akhyar (ketiganya TN-5). Sedangkan dari Ikastara cabang Tangerang Raya diwakili oleh Donny Irawan (TN-2) dan Rudy Wijaya (TN-7).

Pertemuan ini berlangsung informal, walaupun dilaksanakan di Makodim 0506/Tangerang. Seperti biasa, ciri khas pertemuan sesama alumni TN adalah walaupun belum pernah ketemu sama sekali tetapi langsung cepat akrab. Kecuali bang Donny Irawan yang sesama TN-2, sebagian besar belum pernah bertemu dengan Letkol Inf H. Achirudin sebelumnya.

Di awal diskusi, Bang Ai (panggilan Letkol Inf H. Achirudin) banyak bercerita tentang pengalaman penugasannya. Lulus dari Akmil tahun 1997, Bang Ai bergabung dengan Kopassus tahun 1998 hingga tahun 2015 (17 tahun!). Berbagai jabatan strategis di Kopassus pernah diemban antara lain tahun 1998 sebagai Danton grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, tahun 2001 pindah ke Sat-81 Gultor Kopassus, mulai dari menjadi Dan Unit sampai dengan menjadi Komandan Batalyon. Tahun 2014 Bang Ai pindah ke Mako dan menjadi Komandan Satuan Intelijen Kopassus. Pertengahan tahun 2015 sebenarnya beliau mendapat jabatan baru sebagai Dandim Tangerang, tetapi karena harus bertugas terlebih dahulu di Pengamanan Haji 2015, akhirnya Bang Ai baru efektif menjabat awal November 2015. Serah terima jabatan dari Dandim sebelumnya yaitu Letkol Inf. Irhamni Zainal  secara resmi dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 7 November 2015. Sejak saat itu beliau memimpin Kodim 0506 Tangerang yang melingkupi wilayah teritorial Tangerang Raya yang cukup luas, yaitu Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang. Itu berarti Bang Ai menjadi anggota Muspida di 3 daerah tersebut.

Serunya diskusi berlanjut dengan brainstorming tentang berbagai inisiatif atau program Kodim 0506/Tangerang yang bisa disupport oleh Ikastara. Ada berbagai ide yang muncul, antara lain program latihan kepemimpinan ke kampus-kampus, program edukasi ke sekolah-sekolah (sekaligus promosi beasiswa Ikastara-SMATN), dan program kerjasama CSR dengan swasta untuk membantu daerah tertinggal di wilayah Kodim 0506 Tangerang. Ide-ide tersebut akan dibahas dalam pertemuan-pertemuan teknis berikutnya.

Sebelum kami pamit, Bang Ai menitipkan pesan untuk semua Ikastarans: “Berbuatlah yang terbaik di bidang masing-masing. Pintar saja tidak cukup untuk survive dan berhasil, harus ada kreativitas dan inovasi dalam hidup/pekerjaan sehingga orang lain akan mengakuinya. Karena Tuhan Maha Mengetahui, tetapi manusia harus diberi tahu ”

Selamat dan sukses Bang Ai dalam mengemban amanah sebagai Dandim 0506/Tangerang !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s