Bakti Alumni Untuk TN

Ikastara Sukses Galang Investasi Masa Depan!

Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (IKASTARA) menggalang dana untuk beasiswa siswa siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang menimba ilmu di SMA Taruna Nusantara, 4 Juni di Hotel Aryaduta Jakarta. Acara ini mengetengahkan tema “Menanam Bibit Pemimpin Indonesia Masa Depan” sesuai dengan visi para pendiri SMA tersebut. Hadir dalam acar a itu, sesepuh pendiri yaitu Ibu Hartini Benny Moerdani, Sekjen Kementrian Pertahanan Mayjen TNI Ediwan Prabowo, penasehat menteri pertahanan Adnan Ganto, serta putra presiden RI yang juga alumnus Mayor TNI Agus Yudhoyono.Sejumlah perusahaan juga mengirimkan wakilnya untuk berpartisipasi dalam berinvestasi untuk masa depan bangsa dan negara. Antara lain PT. Bank Mandiri, PT. Bank Bukopin, PT. Perumnas, PT. Pembangunan Perumahan, PT. Nusantara Grup, PT. Cardig Aero, PT. Toba Bara, PT. Imani Prima, PT. Capsquare, dan PT. Angkasa Pura 2. Perusahaan lain yang juga memberikan komitmen untuk turut serta adalah PT. Pertamina, PT. Angkasa Pura 1, Assegaf, Hamzah and Partner. Sejumlah alumni dari berbagai profesi juga turut hadir menyemarakkan acara tersebut. Acara berlangsung dalam suasana ramah tamah dan santai, diiringi oleh hiburan band dan tarian. Hadirin juga disuguhi dengan video profil SMA TN dan presentasi tentang program beasiswa.

Sejumlah alumnus SMA Taruna Nusantara yang berdiri pada tahun 1990, sudah menunjukkan prestasi gemilang di bidangnya masing-masing. Di kalangan militer misalnya, sejumlah alumni adalah peraih penghargaan Adhi Makayasa. Saat ini, alumni SMA TN sudah menduduki posisi 10 Kapolres dan 6 Komandan Kodim. Sedangkan di kalangan sipil, satu alumni menduduki posisi Komisaris di Bank Bukopin, salah satu petinggi di Partai Gerindra, serta direksi di berbagai perusahaan. Salah satu alumni yang berdomisili di Cirebon adalah peraih penghargaan eksportir terbaik nasional.

Ikastara mengajak seluruh komponen bangsa yang peduli terhadap masa depan, ikut bersinergi berinvestasi pendidikan melalui SMA Taruna Nusantara. Pendidikan memang mahal dan tidak bisa hanya ditanggung satu pihak. Seluruh pihak harus bersinergi agar proses pendidikan yang mahal tersebut juga dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat. SMA Taruna Nusantara dibangun dengan visi untuk menyiapkan kader-kader calon pemimpin berkarakter, berkepribadian, berwawasan kebangsaan, kejuangan dan wawasan kebudayaan, di berbagai bidang. Hasil investasi itu baru dapat dinikmati oleh bangsa ini pada 30-40 tahun setelah mereka lulus. Inilah investasi jangka panjang yang sesungguhnya, hasil dari visi seorang pejuang tulen LB. Moerdani.

Bagaimana hasil penggalangan investasinya?

Ikastara sendiri sudah menyiapkan dana yang cukup untuk memberikan beasiswa kepada 25 siswa baru SMA TN selama 3 tahun. Total jumlah siswa SMA TN setiap angkatan adalah 350 orang. Pada kurun waktu 1990-2002, seluruh siswa SMA TN tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun sejak 2003 sampai sekarang, setiap siswa dikenai biaya pendidikan normal, dengan rincian uang pangkal Rp 26juta dan SPP bulanan Rp3,5juta. Ditambah berbagai keperluan lain siswa seperti transportasi, maka untuk beasiswa seorang siswa selama 3 tahun dibutuhkan biaya Rp 185 juta. Semalam, Ikastara berhasil menggalang investasi baru dari donatur sebanyak 21 beasiswa dan dana tunai sebesar Rp 445 juta. Sehingga untuk tahun ini, total beasiswa yang dikelola Ikastara mencapai 47 orang (target 50 siswa).

Terima kasih untuk para donatur dan seluruh pihak yang peduli terhadap nasib masa depan bangsa dan negara kita. Investasi Anda akan kembali untuk kebaikan anak cucu kita kelak. Indonesia butuh manusia-manusia berkarakter dan berkepribadian kuat, yang punya visi jauh ke depan berwawasan kebangsaan, kejuangan dan kebudayaan.


Penulis: Dodi Mawardi TN1

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s