Kekerabatan dan Sinergi Alumni, Munas

Keceriaan Munas VII Ikastara di Jakarta

Minggu, 25 Mei 2014 merupakan salah satu hari bersejarah bagi Ikastara. Untuk ke-tujuh kalinya, Ikastara mengadakan Musyawarah Nasional yang melibatkan seluruh alumni dari angkatan 1 hingga 21. Dalam acara ini, terdapat berbagai macam agenda. Musyawarah Nasional VII ini merupakan acara inti dari pemilihan ketua umum Ikastara periode 2014-2017 yang sudah dimulai sejak bulan Februari. Acara puncak Munas VII diadakan secara terpusat di Jakarta, lalu ada beberapa cabang yaitu Jogja, Surabaya, dan Pekanbaru yang juga menggelar acara yang sama sebagai sarana berkumpul alumni.

Sebanyak 250 alumni hadir di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah sejak pukul 9 pagi hingga acara selesai. Semua alumni yang hadir mendapatkan gelang spesial dari Ikastara serta goodybag dari Unilever. Setelah melakukan registrasi, para alumni bergegas menghadiri pembahasan AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga) Ikastara, sekaligus membahas bagaimana kelanjutan Ikastara sebagai organisasi alumni SMA Taruna Nusantara. Di ruang yang sama juga diadakan laporan pertanggungjawaban oleh Deddi Nordiawan TN4 selaku ketua PP Ikastara periode 2012-2014.  Setelahnya acara dilanjutkan dengan Super Coaching bertema ‘Bersinergi Mewujudkan Janji Alumni Demi Masa Depan Bangsa dan Negara’. Pembicara pada SuperCoaching kali ini adalah Dino Patti Djalal (Ketua Modernisator dan Mantan Dubes AS) dan Ki Saur Panjaitan (Majelis Luhur Taman Siswa).

Kegiatan meliputi pemilihan ketua Ikastara periode 2014-2017 dengan dua kandidat yaitu Rahmat Kaimuddin TN5 dan Sandy Wardhana TN6 dengan sistem E-Voting. E-voting merupakan sebuah terobosan baru yang dibuat oleh Ikastara pada Munas VII. Sistem E-voting memungkinkan alumni yang berada di luar negri atau yang tidak dapat hadir secara langsung di acara Munas VII tetap dapat menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin Ikastara selanjutnya.  Tidak lupa acara Munas VII dihadiri oleh pamong tercinta yaitu Pak Cecep Iskandar dan Pak Tri Djoko, serta perwakilan siswa angkatan 22 dan 23.

Di venue yang berbeda, alumni yang hadir langsung di Padepokan Pencak Silat TMII juga dapat menikmati family gathering dan bazaar yang berlangsung di stadion. Lalu ada juga talkshow oleh Lita Iqtianti dari Mommies Daily yang mengangkat topik ‘Keluarga dan Karir’ yang dimoderatori oleh Gamma Riantori TN8. Dalam talkshownya, narasumber menyampaikan bahwa, “Apapun yang dipilih (antara karir dan keluarga), selalu ada konsekuensinya, cari alternatif solusi yang paling baik dengan pasangan. Menjalani apapun harus bahagia, jika ada masalah dengan pasangan harus langsung dikomunikasikan dengan baik.” Pesan yang bermakna untuk Ikastarans menyeimbangkan dunia karir dan keluarganya.

Di sela-sela family gathering sambil berkeliling arena booth bazaar, para alumni disajikan live acoustic music oleh Akustik Asik sehingga suasana temu kangen ini menjadi momen yang lebih nyaman dan hangat. Ditemani lagu-lagu populer dan beberapa lagu nostalgia membuat alumni mengenang kembali pada masa saat masih berstatus siswa SMA Taruna Nusantara. Sambil menikmati makan siang, para alumni yang hadir menikmati penampilan tari daerah dari Yayasan Sahabat Anak di panggung family gathering.

Tak hanya itu, keseruan Munas VII Ikastara juga diikuti oleh anak-anak alumni yang turut hadir. Panitia telah menyiapkan Lomba Mewarnai & Menggambar dan semua biaya pendaftaran yang terkumpul akan disumbangkan kepada Yayasan Sahabat Anak. Pemenang Lomba Mewarnai adalah Kalesa sebagai juara pertama, diikuri dengan Dominique dan Ayunda sebagai juara 2 dan 3. Pemenang Lomba Menggambar adalah Sharon Danielle, Intan Khairani, dan Kalya Salsabila. Setiap peserta berhak meraih sertifikat dan piala untuk juara lomba.

Di akhir acara, panitia e-voting mengumumkan hasil perolehan suara dua kandidat ketua umum Ikastara 2014-2017. Dengan memenangkan 707 dari 903 suara, maka Rahmat Kaimuddin berhak menyandang jabatan sebagai Ketua PP Ikastara terpilih untuk periode 2014-2017. Selamat kepada bang Rachmat, semoga dapat mengemban amanah dengan baik untuk kemajuan Ikastara. Selamat juga untuk bang Sandhy atas partisipasi dan kontribusinya yang tak kenal lelah untuk Ikastara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s