Kajian Strategis

Ikastara Harus Berkarya!

Tagline ini menjadi dasar dan istimewa bagi PP Ikastara. Tanggal 16 November menjadi tanggal istimewa di bulan ini, dan masih  dalam semangat Hari Pahlawan. Di tanggal tersebut, Ikastara punya empat kegiatan sekaligus; yaitu 1. Launching Program Pengabdian Ikastara untuk Sekolah (PIALA) di Balaikota Depok, 2. Launching Program Asuransi dari Ikastara untuk Pamong SMA Taruna Nusantara, 3. Stadium General di kampus SMA TN, dan 4. Pameran foto dari Ikastara Photography Community di Kemang.

Launching PIALA di Balai Kota Depok sangat istimewa karena Ikastara mendapat kesempatan untuk memperkenalkan PIALA. Acara ini diadakan bersamaan dengan seminar yg diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok dengan tema “Semangat Nasionalisme Pelajar untuk Mengisi Kemerdekaan”. Acara ini dibuka langsung oleh Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismali, dan dihadiri oleh lebih dari 200 siswa SMA yang merupakan pengurus inti OSIS maupun perwakilan SMA seluruh Kota Depok.

Hadir pada pembukaan acara adalah Ketua Umum Ikastara Deddi Nordiawan TN4 dan Anna Sulianti TN9 (pegawai Pemkot Depok). Deddi mengatakan hal ini adalah langkah strategis karena Ikastara bisa bekerja sama secara langsung dan terstruktur ke Dinas Pendidikan sehingga menjadi peluang yang sangat besar bagi karya Ikastara di sekolah-sekolah.

Pembicara pada seminar ini adalah Mauritz Meta TN 9 dari Kadiv. Kajian Strategis PP Ikastara, yang membawakan materi tentang Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika. Materi yang dibawakan disampaikan dengan gaya khas program PIALA yang memudahkan pelajar cepat memahami materi yang diberikan. Acara berjalan ramai dan mendapat tanggapan positif dari pejabat Pemda Kota Depok maupun para pelajar yang hadir.

Dengan terlaksanakanya acara ini, Program PIALA telah hadir di Kota Tangerang (SMP Islam Ar-Rahman), Kota Tangerang Selatan (SMPN 7 Tangsel), Cibubur (sekolah alam cikeas), dan  segera menyusul SMP/SMA di kota Depok. Program PIALA tentu membutuhkan partisipasi dari seluruh komponen alumni maupun kerja sama dengan stakeholder terkait dalam rangka pembangunan karakter pelajar untuk masa depan Indonesia. Langkah kecil lebih baik daripada hanya berdiam diri.


Salam Pengabdian,
Mauritz Meta TN9

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s