Kekerabatan dan Sinergi Alumni

Reportase Forum Diskusi dan Buka Puasa Bersama Ikastara

Bertepatan dengan ulang tahun ke-23 SMA Taruna Nusantara, Minggu, 14 Juli 2013, Pengurus Pusat Ikastara mengadakan acara yang cukup istimewa dan selalu di nanti oleh alumni, yaitu Buka Puasa Bersama yang selalu menjadi ajang silaturahmi pada bulan suci Ramadhan. Buka Puasa kali ini menjadi istimewa karena selain bertepatan dengan ulang tahun almamater tercinta, juga dilaksanakan kegiatan Forum Diskusi Ikastara yang mengambil tema Personal Branding dalam Karir, Politik dan Perjodohan”. 

Acara yang dimotori oleh Divisi Kekerabatan, dan Divisi Kajian Strategis PP Ikastara ternyata menarik animo alumni yang cukup meriah. Tidak kurang dari 130 anggota Ikastara datang menghadiri acara ini. Acara yang dimulai pada pukul 16.45 WIB, dibuka oleh MC kawakan Ikastara Tya TN13 dan Diana TN15. Sesuai dengan agenda, Forum Diskusi Ikastara Personal Branding dalam Karir, Politik dan Perjodohan”, di isi oleh tokoh yang pakar dalam bidang comersial branding, public relation maupun komunikasi yaitu Silih Agung Wasesa dan Cay Indra TN6. Acara diskusi yang berjalan kurang lebih 50 menit dan dipandu oleh moderator Mauritz CRM TN9, terasa sangat singkat karena animo peserta yang sangat tertarik dengan topik ini dimana sangat terkait langsung dengan kehidupan seluruh alumni dalam menggapai cita-citanya.

Beberapa hal yang disampaikan oelh Silih Agung Wasesa dan sangat menarik antara lain bahwa personil branding menjadi sangat penting untuk seseorang sebagai salah satu jalan menuju cita-cita atau tujuan yang diinginkan. Untuk itu perlu objektif yang jelas apa yang hendak dicapai dan perlunya konsistensi membangun personal branding tersebut karena personal branding bukanlah hal yang instan. Melengkapi yang disampaikan Silih, Cay Indra menyampaikan bahwa strategi komunikasi juga menjadi hal yang tidak terpisahkan dari membangun personal branding. Mengambil contoh salah satu tokoh nasional yang berasal dari daerah, komunikasi yang efektif dan tindakan-tindakan nyata di tengah masyarakat telah menjadi pendorong terciptanya personal branding yang luar biasa bagi tokoh tersebut. Kedua pembicara juga menekankan pentingnya jalur-jalur komunikasi seperti social media, media publik dan interaksi nyata di lingkungan itu sendiri adalah salah satu faktor pendukung terciptanya penguatan personal brand. Pada akhir Forum Diskusi ini, Mas Silih juga memberikan tantangan bagi seluruh alumni SMA Taruna Nusantara yang diharapkan nantinya akan menjadi pemimpin bangsa di masa datang untuk terus konsisten berkarya dan membangun personal branding yang positif di masyarakat.

Forum Diskusi yang terpaksa harus diakhiri karena terbatasnya waktu menjelang waktu berbuka puasa, Ketua Umum PP Ikastara, Deddi Nordiawan menyampaikan dan mengajak seluruh alumni untuk terus meningkatkan soliditas alumni, sehingga sinergi-sinergi positif dapat terus dibangun secara berkelanjutan. Selanjutnya buka puasa bersama yang penuh keakraban menjadi ajang para alumni untuk bersilaturahmi dengan komunikasi yang sangat cair dan penuh kekeluargaan.

Namun sesudah buka bersama dan menunaikan shalat magrib, acara tidak berhenti karena dilanjutkan dengan acara yang juga tidak kalah menariknya yaitu sharing session. Sebelum sharing session, acara foto bersama menjadi moment yang spesial bagi seluruh alumni yang hadir.

Acara sharing session diawali Deddi Nordiawan yang menyampaikan bahwa di ulang tahun yang ke 23 SMA Taruna Nusantara, kampus SMATN mendapat kado istimewa dari abang-abang TN1 yang telah mendirikan gapura gerbang kampus SMA Taruna Nusantara. Selain itu yang menjadi perhatian adalaha bahwa almamater menghadapai tantangan yang semakin sulit sehingga perlu dukungan dari semua alumni baik secara langsung melalui program beasiswa Ikastara maupun memberikan masukan yang konstruktif bagi peningkatan kualitas SMATN. Hal senada juga disampaikan oleh Agus Harimurti Yudhoyono TN5, yang kembali mengajak seluruh alumni SMATN untuk semakin solid. Sharing session yang di pandu oleh David Ratadhi TN3 dengan gaya khasnya menjadi sangat menarik dan semakin ramai mengingat topik perjodohan yang lebih spesifiknya lagi perjodohan di antara sesama alumni adalah hal yang selalu mengandung romantisme tersendiri. Secara atraktif David mengajak beberapa alumni yang menikah dengan alumni untuk menceritakan pengalaman menarik terkait pernikahan alumni SMATN. Tidak kurang dari 30 pasang alumni SMA TN yang sudah membina rumah tangga menjadi inspirasi bagi alumni yang sedang menjalin maupun akan menjalin ikatan pernikahan sesama alumni. Pengalaman dari Ayuningtyas Hertin TN7 (istri dari Deddi Nordiawan), Simon Mantiri TN6 dan Pricil TN7, Gamma TN8 menjadi cerita yang sangat menarik untuk disimak. Kisah-kisah ini terbukti menginspirasi salah satu pejuang yaitu Hanif TN13 yang lebih dikenal dengan “jeruk” hunter. Ternyata dibalik kisah cinta maupun perjodohan alumni SMATN mengandung romantisme dan idealisme khas pirikan yang masih sangat kental.

Pada akhirnya, melalui acara Buka Puasa bersama dan Forum Diskusi Ikastara ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana anggota Ikastara untuk semakin solid serta menjadi semangat dan tambahan energi baru untuk terus berkarya, memberikan yang terbaik sehingga nantinya bangsa ini semkain lebih baik dan menjadi Macan Asia dan Dunia….

Semoga Tuhan memberkati sumpah dan janji alumni SMA Taruna Nusantara…

 —
Salam Hormat Kami,
Divisi Kajian Strategis PP Ikastara
Divisi Kekerabatan PP Ikastara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s