Bakti Alumni Untuk TN

Studium Generale XIV: Mencari Guru Terbaik Lewat Pengalaman Orang Lain

Untuk ke-14 kalinya Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (IKASTARA) melaksanakan kegiatan Studium Generale (SG) untuk adik-adik kelas XII SMA Taruna Nusantara. Sebagai pelaksana kegiatan adalah alumni angkatan XX yang baru saja lulus, di bawah koordinasi Divisi Dukungan Studi PP Ikastara.

Pelaksanaan SG kali ini sedikit berbeda dengan sebelumnya karena  dilakukan dalam dua termin. Termin pertama  dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu tanggal 24-25 November 2012. Kegiatan pada SG termin pertama ditekankan pada  pemberian informasi melalui presentasi dan pameran pendidikan dari universitas baik negeri maupun swasta, akademi kedinasan (militer dan sipil), dan beberapa flying school  yang merupakan sekolah calon pilot.  Sekitar 30 stand universitas, akademi, serta pendidikan tinggi mengambil bagian membuka stand dalam pameran pendidikan yang  dilaksanakan di GOR Kampus SMA TN.

Selain pameran pendidikan, siswa TN angkatan XXI  yang sekarang duduk di kelas XII, juga berkesempatan mendengarkan presentasi dari peserta pameran pendidikan seperti Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Wings Flying School (sekolah penerbangan milik Lion Air), Bali International Flying Academy (BIFA), serta beberapa universitas swasta seperti Universitas Pelita Harapan, Universitas Ciputra, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, dan Universitas Parahyangan. Ada juga presentasi dari Universitas Dipenogoro serta Aademi Militer (Akmil), AAU, AAL, dan Akademi Kepolisian (Akpol). Selain itu, ada sesi penjelasan tentang beasiswa yang tersedia dari Bapak AB Susanto yang merupakan Koordinator Program Beasiswa DIKTI.

Studium Generale termin kedua dilaksanakan berselang 2 bulan kemudian, tepatnya pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 26-27 Januari 2013. Jika pada termin pertama siswa kelas XII diajak memperbanyak informasi tentang jenis-jenis pendidikan tinggi yang dapat mereka tempuh, pada termin kedua ini kegiatan difokuskan pada yang lebih mikro yaitu penjelasan tentang  fakultas-fakultas yang dapat dipilih. Kegiatan dibuka dengan sesi motivasi yang diisi oleh dr.Andhyka Putra Sedyawan TN7, yang sekarang berprofesi sebagai motivator, trainer, dan penulis buku. Dengan gayanya yang kocak dan penyampaian yang seru, Andhyka mengajak adik-adik kelas XII untuk “bersiap” menghadapi UN dengan sikap terbaik. Salah satu yang dikatakannya adalah “Ayo kita menjadi dalang..bukan menjadi wayang.. dalang bertanggung jawab sedangkan wayang adalah korban.. dalang adalah pribadi yang mengatakan “meskipun” sedang wayang adalah pribadi yang mengatakan “tetapi”.

Pada hari terakhir, adik-adik kelas XII, dibagi dalam kelompok-kelompok kecil dan mengikuti tour de faculty sesuai dengan pilihan peminatan yang telah didata sebelumnya. Alumni-alumni yang sedang kuliah dan berprofesi di berbagai bidang mengampu masing-masing kelas sesuai bidangnya, memberikan informasi kepada adik-adik terkait teknis dan hal-hal detil yang ditanyakan.

Seperti kata Ketua Umum Ikastara, Deddi Nordiawan TN4, dalam sambutannya saat pembukaan SG XIV ini “guru terbaik adalah pengalaman ORANG LAIN”. Semoga dengan pelaksanaan Studium Generale ini, adik-adik kelas XII SMATN mendapatkan nilai tambah dan siap memasuki kehidupan pasca kelulusan dari almamater tercinta.


Penulis: A. Hertianti TN7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s