Kekerabatan dan Sinergi Alumni

Forum RKB dan Penyambutan TN20 di Surabaya

Setiap tahun keluarga Ikastara selalu bertambah besar. Satu angkatan yang lulus dari SMA Taruna Nusantara akan kemudian bergabung dengan keluarga besar Ikastara. Untuk menyambut kedatangan anggota keluarga baru, Ikastara Surabaya mengadakan acara Penyambutan TN20 yang dikemas dalam Forum RKB (Ruang Komunikasi Bersama). Acara ini diadakan pada hari Rabu, 3 Oktober 2012 lalu bertempat di Ruang Propadeus FK Unair.

Ketut Widya TN9 selaku Ketua Ikastara Surabaya membuka acara dengan sambutan singkat.Selanjutnya acara diisi oleh Setio Budi Utomo TN5 yang berbagi informasi mengenai dunia kerja konsultan. Setio sendiri adalah pemilik dari Kreasi Mutu Indonesia (Management System Consulting).Seluruh peserta – yang mayoritas mahasiswa – mendengarkan materi Setio dengan seksama. Setio menjelaskan bahwa bidang industri yang akan dijalankan tergantung dari keinginan dan minat dari orang yang ingin menjalankan bidang konsultan tersebut. Biasanya bidang konsultan yang dijalakan tidak melulu sesuai dengan bidang kuliah yang ditekuni. Di akhir pengarahan Setio, fadliandro TN19 bertanya apakah sebaiknya langsung mengambil S2 atau bekerja dahulu setelah lulus kuliah. Setio mengatakan bahwa jawaban pertanyaan tersebut tergantung dari cita-cita masing-masing orang. Jika ingin jadi dosen atau professor, lebih baik langsung S2. Tapi jika ingin mendapatkan karir, lebih baik mencari pengalaman kerja terlebih dahulu.

Salah satu pembicara dalam acara Ikastara Surabaya

Setelah penjelasan yang menarik mengenai dunia konsultan dari Setio, acara dilanjutkan oleh Anthony Yusbida TN6 yang berbagi pengalaman tentang dunia kedokteran. Hal yang menarik adalah pertanyaan dari Catur Kusumo TN19, “Katanya, kalau mau mengambil spesialis, harus punya link dulu ya Bang?” Pertanyaan Catur ini merupakan isu yang sudah menjadi rahasia umum di dunia kedokteran. Anthony pun menjawab bahwa memang benar ada beberapa spesialisasi yang masih mengandalkan link. Namun ada juga spesialisasi yang tidak mengandalkan link untuk menjadi ahli di bidang tersebut. Pada kesimpulannya, Anthony menjelaskan bahwa memiliki jaringan/link yang luas itu adalah hal yang sangat penting. Tidak melulu untuk menjadi dokter spesialis, tetapi memiliki link yang luas berguna bagi semua orang untuk mengembangkan dirinya agar berguna bagi lingkungan di sekitarnya.

Sebagai penutup acara, Ikastara Surabaya dengan resmi menyambut kedatangan 14 orang adik alumni TN20 sebagai anggotanya. Bagi para peserta yang hadir, acara Forum RKB dan Penyambutan TN20 di Surabaya ini menjadi momen yang penting untuk menjalin tali silahturahmi. Tak hanya itu, acara ini juga memberikan pandangan tentang tantangan di dunia kerja, khususnya bagi alumni yang akan menyelesaikan perkuliahannya.


Penulis : Firaz Azhaar Aghnia TN19

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s