Kekerabatan dan Sinergi Alumni

IKASTARA 18 TAHUN!

11 Juni 1994 – 11 Juni 2012. 18 Tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk sebuah organisasi alumni tetap eksis berdiri. Rasa persaudaraan yang begitu akrab karena ditempa di almamater berasrama dengan sistem semi militer yang sama menumbuhkan sense of belonging di antara alumni SMA Taruna Nusantara. Setiap tahunnya bertambah sekitar 300 anggota baru di Ikastara. Semakin besar pula kekuatan Ikastara untuk mengokohkan kontribusinya, baik secara personal maupun secara organisasi, untuk membangun negeri ini menuju ke arah yang lebih positif.  Persamaan visi untuk memberikan karya yang terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara, dan dunia menjadi salah satu alasan keeksistensian Ikastara hingga saat ini. 18 Tahun sudah Ikastara berdiri, saatnya fase berkarya diwujudkan.

Merayakan hari jadinya, Ikastara mengadakan serangkaian acara bertema “IKASTARA 18 TAHUN!” di bulan Juni ini. Puncaknya adalah Tasyakuran Ulang Tahun Ikastara yang diadakan pada hari Sabtu, 16 Juni 2012. Sengaja diadakan bersamaan dengan Ikastara Happy Futsal Cup 2012 dimana dihadiri oleh perwakilan dari seluruh angkatan dari total sekitar 500 alumni yang datang.  Seremonial dilakukan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum Ikastara, Deddi Nordiawan TN4. Namun potongan tumpeng tidak dibagikan untuk seorang spesial, melainkan untuk seluruh alumni SMATN melalui perwakilan dari masing-masing angkatan. Setelah seremonial selesai dilakukan, semua alumni yang hadir dipersilahkan menikmati dua tampah tumpeng yang sudah disediakan.

Pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum Ikastara
Pemberian tumpeng oleh Ketum Ikastara kepada perwakilan TN9, Eko Hardiyanto
Alumni menikmati hidangan tumpeng yang disediakan

Di umur yang ke 18 tahun ini, Ikastara memiliki lebih dari 5000 anggota yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Ikastara sadar network yang begitu luasnya ini adalah aset yang harus dijaga terus persaudaraannya. Oleh karenanya dalam momentum “IKASTARA 18 TAHUN!”, diresmikan pula aplikasi Database Ikastara. Aplikasi ini berbentuk sebuah situs yang ditujukan khusus untuk alumni SMATN. Setiap anggota Ikastara dianjurkan untuk meregistrasi data dirinya dengan membuat username terlebih dahulu. Apabila sudah terdaftar, setiap anggota dapat mencari alumni dari berbagai angkatan di berbagai lokasi dengan mudah. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan anggota Ikastarans lebih mudah terhubung satu sama lainnya. Tentunya pengembangan aplikasi ini terus dilakukan oleh Divisi Database PP Ikastara agar lebih informatif dan komprehensif untuk semua alumni.

Tersebarnya anggota Ikastara menyebabkan tidak semua alumni SMATN dapat berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan Ikastara. Oleh karenanya, PP Ikastara memfasilitasi dengan menyediakan website ini, http://ikastara.or.id. Berbagai informasi dan reportase kegiatan Ikastara akan selalu di update di website ini, sehingga khususnya semua alumni dan umumnya semua orang di manapun berada, dapat mengikuti perkembangan Ikastara secara virtual.

Database dan website menjadi salah satu milestone penting dalam pengembangan Ikastara di kepengurusan periode 2011 – 2014 ini. Bukan hal yang mudah untuk mencapai waktu dimana fase berkarya diwujudkan; mengingat jumlah, lokasi, dan karakteristik anggota Ikastara yang sangat beragam. Namun bukan berarti pengembangan Ikastara hanya sampai sini saja. Kontribusi melalui kekerabatan & sinergi alumni, bakti alumni untuk SMATN, kajian strategis dan pengabdian masyarakat harus lebih ditingkatkan lagi untuk mewujudkan janji Tri Prasetya Siswa SMATN.

Jaya selalu Ikastara!


Penulis : Diana Riasari TN15
Fotografer : Untung Sihombing TN9

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s