Kekerabatan dan Sinergi Alumni

Visualisasikan Mimpimu! 1 Langkah Nyata Menuju Terwujudnya!

Sepenggal kalimat ini sukses membuat banyak  Ikastarans di  Surabaya penasaran untuk menghadiri acara Forum Cendekia yang digelar hari Senin tanggal 11 Juni yang lalu. Banyak peserta yang datang bertanya-tanya dalam hati, apa sebenarnya yang dimaksud dengan memvisualisasikan mimpi, mengapa itu bisa berdampak besar pada terwujudnya cita-cita yang dimiliki seseorang, dan bagaimana mengimplementasikannya di dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi rekan-rekan alumni yang masih duduk di bangku kuliah.

Acara Forum Cendekia yang mengusung tema “Teknik Visualisasi Menghadapi Ujian & Mengetahui Gaya Belajar” ini digagas oleh Divisi Dukungan Studi (DDS) PP Ikastara bekerjasama dengan Ikastara Cabang Surabaya. Kegiatan ini yang kedua dilaksanakan setelah edisi perdananya dilaukan di Depok akhir tahun 2011 yang lalu. Mengambil tempat di di Ruang Propadeus Kampus FK Unair, acara diawali dengan sambutan oleh Ketua Ikastara Cabang Surabaya Ketut Widya TN8, dilanjutkan sekapur sirih dari Ketua Umum PP Ikastara Deddi Nordiawan TN4. Peserta yang hadir mencapai 30 orang, bervariasi mulai dari angkatan 1  sampai dengan adik angkatan 19. Profesinya pun tidak hanya mahasiswa, tetapi juga pengusaha, wiraswasta, pegawai swasta, dan profesional seperti dokter.

Ismal Zeva TN7 Sebagai Pembicara di Forum Cendekia

Kegiatan ini menghadirkan pembicara M.Ismal Zeva, alumni TN7 yang berprofesi sebagai motivator handal dan akrab disapa Ismal.  Dengan gayanya yang santai, Ismal memaparkan teknik tentang bagaimana memvisualisasikan mimpi dan mewujudkannya menjadi kenyataan. Audiens yang hadir begitu berminat untuk mendengarkan penjelasan Ismal yang sesekali diselipi canda.  Menurut Ismal, pikiran manusia lebih banyak digerakkan oleh alam bawah sadarnya. Pikiran bawah sadar (unconcious mind) menempati hampir 80 persen, sementara alam sadar kita hanya memiliki kapasitas 20 persen. Selain itu hal-hal yang bisa kita tempatkan pada alam bawah sadar akan memiliki jangka waktu lebih lama untuk diingat dan mempengaruhi tingkah laku kita secara keseluruhan. Namun yang sulit adalah meletakkan memori/ingatan itu ke alam bawah sadar. Dan cara yang dapat kita terapkan adalah dengan memvisualisasikan dulu apa yang ingin kita capai.

Misalnya, seorang mahasiswa ingin bisa lulus ujian dengan baik, sebelum yang bersangkutan menghapal materi yang akan diujikan, mahasiswa tadi bisa memvisualisasikan terlebih dahulu gambaran jika dia mampu menyelesaikan ujian dengan baik. Apa yang akan dirasakan, kepuasannya seperti apa, serta gerak gerik yang akan dilakukannya saat mencapai sukses tersebut secara detail. Visualisasi ini menjadi lengkap apabila dilakukan tidak hanya dari sisi si pelaku saja, namun juga diambil dari sudut pandang orang lain yang menyaksikan keberhasilan mahasiswa ini menempuh ujian. Misalnya pengawas ujian, teman sesama peserta ujian, atau keluarga yang mendukung mahasiswa ini melaksanakan ujian. Dengan memvisualisasikan mimpinya terlebih dahulu, maka besar kemungkinan konsep atau materi ujian yanga kan dipelajari setelah itu, akan masuk dan menancap pada alam bawah sadarnya, dan membawa mahasiswa tersebut mencapai tujuannya untuk dapat lulus ujian.

Ismal juga mengingatkan bahwa tentu saja hal ini tidak serta merta mahir dilakukan. Butuh latihan terus menerus untuk dapat mengelola apa yang dipikirkan. Karena seperti kata pepatah bijak yang menyebutkan : “You Are What You Think”. Dan setelah mengikuti Forum Cendekia ini, pepatah tersebut terasa lebih bermakna dibanding sebelumnya.

Sampai ketemu di Forum Cendekia berikutnya!!!


Penulis : Riski Hapsari TN7 & A.Hertianti TN7

2 thoughts on “Visualisasikan Mimpimu! 1 Langkah Nyata Menuju Terwujudnya!”

  1. Luaaaarrrrr Biasa bang Ismal, kapan ya bisa melihat trainingnya….
    Setuju bang dengan : “You Are What You Think” seperti yang dikatakan Brian Tracy jg ya bang, “Engkau dan akan menjadi apa engkau tergantung dengan apa yang Engkau Pikirkan”.

    Alhamdulillah, saya ada sedikit pengalaman dengan teknik Visualisasi ini bang dan BERHASIL, saat belajar Renang Gaya Dada ” sebelum renang saya memvisualisasikan nya di dalam kolam renang” ….. sharing bang.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s