Bakti Alumni Untuk TN

4 Pesan Ketum Ikastara untuk Calon Alumni TN20

Sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini adik-adik kelas XII angkatan 20 yang akan segera dilantik menjadi alumni SMA TN, mendapat kesempatan untuk menerima pembekalan dari Ketua Umum Ikastara, Deddi Nordiawan TN4.

Deddi Nordiawan TN4 menyampaikan arahan untuk TN20

Kegiatan pembekalan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 25 Mei 2012 di Ruang Baca Perpustakaan Kampus SMA TN pukul 19.00, di tengah kesibukan siswa kelas XII menjelang pengumuman kelulusan dan persiapan penutupan pendidikan. Pembekalan yang diikuti sekitar 250 siswa kelas XII ini mengagendakan 3 hal yaitu briefing calon alumni, pengisian database, dan persiapan awal kegiatan Studium Generale  2013.

Dalam situasi yang akrab selayaknya abang dan adik-adiknya, Deddi memulai sesinya dengan kalimat “Masih ingat jargon ini ?? 3 Bulan untuk 3 Tahun.. 3 tahun untuk selamanya“. Pertanyaan itu kontan dijawab dengan serempak oleh adik-adik TN 20 dengan “Siap..Ingat”. Sekedar mengingatkan, jargon itu menunjukkan masa basis selama 3 bulan sebagai bekal untuk menjalani kehidupan selama 3 tahun di kampus SMA TN dan pendidikan 3 tahun di SMA TN untuk menjadi bekal hidup selamanya. Dan saat ini adik-adik angkatan 20 berada di penghujung waktu sebelum memasuki masa “selamanya” tersebut.

Sebagai bekal memasuki status sebagai alumni SMA TN yang tidak sampai 1 bulan lagi akan disandang oleh adik-adik TN20, Deddi menyampaikan 4 pesan penting. Keempat pesan tersebut adalah :

1.       Janji Prasasti
Pesan pertama, Deddi mengingatkan adik2nya akan pesan Prasasti. Kemanapun melangkah, seorang lulusan SMA Taruna Nusantara seharusnya ingat bahwa kita digembleng, dididik, dan diajar selama 3 tahun di Kampus SMA TN adalah demi masa depan bangsa dan negara. Maka mengingat janji prasasti ini menjadi suatu keharusan yang mutlak dimiliki dan menjadi landasan bersikap pada kehidupan pasca lulus.

2.       Kita ini Bersaudara
Pesan yang kedua adalah kenyataan bahwa alumni SMA TN memiliki ikatan persaudaraan yang khas yang tidak dimiliki oleh alumni dari sekolah lain. Hal ini harus disadari sebagai aset dan harus dipelihara dimanapun kita berada.  “Jangan pernah merasa sendiri, karena kita punya abang dan kakak sesama alumni TN yang ada dimana-mana”, begitu tandas Deddi sambil tersenyum.

3.       Jangan sia-siakan kesempatan Bersinergi
Alumni  SMA TN yang jumlahnya sudah mencapai lebih dari 5000 orang tersebar dengan berbagai potensinya. Maka, setelah menjadi alumni, adik-adik TN20 diharapkan bisa bersinergi dengan abang-kakaknya supaya bisa saling mengisi. Sebagai pesan ketiga, Deddi menegaskan agar adik-adik tidak melepaskan diri dari  ikatan kealumnian karena dari sanalah terjadi sinergi yang luar biasa.

4.       Tugas kita Berkarya
Pesan terakhir adalah reminder untuk tetap semangat berprestasi dan berkarya di level manapun. Baik saat menjadi mahasiswa/taruna, ketika bekerja menjadi profesional, dan seterusnya. Karena tugas kita sebagai alumni SMA TN, sebagaimana tercantum dalam Tri Prasetya Siswa, adalah memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara, dan dunia.


Penulis: A. Hertianti TN7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s