Bakti Alumni Untuk TN, Kekerabatan dan Sinergi Alumni

Kesehatanku Nomor Satu

Sabtu, 24 Maret 2012 sekitar pukul 10.00, suasana kampus SMA TN terbilang cukup sepi. Adik-adik siswa angkatan 20 sedang melaksanakan Ujian Akhir Sekolah. Kami semua masing-masing berdatangan dan berkumpul di Ruang Baca Perpustakaan untuk memulai acara Sinergi Mahasiswa dan Praktisi (SMP) di Bidang Kesehatan. Pukul 13.30 acara dimulai dengan sambutan oleh Firdaus Hafidz TN10 selaku ketua panitia. Total alumni yang hadir sampai akhir acara berjumlah 58 orang.

Acara dibuka secara resmi oleh Bapak YB Soeparmono yang hadir mewakili Kepala SMA TN. Kemudian langsung dibuka sesi satu yaitu sesi klinisi, dengan moderator Wisda TN17, dan empat orang pembicara yang sangat mumpuni di bidang masing-masing, yaitu Herbert Situmorang TN2 mewakili spesialis ObSgyn, Aldy Heriwardito TN7 mewakili spesialis anestesi, Dicky Kurniawan TN4 dari spesialisasi penyakit dalam, serta Fahmi Yunisa TN6 mewakili Dokter Gigi.

Suasana SMP di Ruang Baca Perpustakaan SMA TN

Aldy menceritakan tentang bagaimana mempertimbangkan spesialisasi yang cocok untuk kita, tentang betapa pentingnya memilih spesialisasi yang tepat jika ingin menjadi seorang klinisi. Prinsipnya, semua harus disesuaikan dengan minat dan bakat. Dicky mengatakan, bahwa menjadi seorang dokter tidak hanya sebagai mata pencaharian, tetapi juga sebagai sarana beribadah, membantu orang lain. Dicky juga berpesan nahwa untuk menjadi seorang dokter yang baik, dibutuhkan 3 syarat, yaitu sehat, rajin, dan juga sabar dan ulet.

Selanjutnya Herbert menceritakan beberapa pengalamannya, suka duka menjadi seorang dokter ahli kandungan, serta pentingnya memilih bidang yang kita suka. Ingin menjadi klinisi atau yang lain, semua harus sesuai minta, jangan sampai kita memilih atas dasar paksaan orang lain. Sesi pertama ditutup oleh Fahmi yang menceritakan pengalamannya saat dulu memilih menjadi dokter gigi, saat menjadi mahasiswa, serta saat sudah berprofesi menjadi dokter gigi.

Setelah istirahat dan sholat ashar, acara sesi kedua dimulai (16.30-18.00), yaitu sesi Manajerial dan Etika. Sesi ini dimoderatori oleh Yusti TN15, dengan dua orang pembicara, yaitu Gede Yulian Yogadhita TN8 dan Kak Dama Atprinka TN10. Sangat menarik mendengarkan Gede yang dengan kocak bercerita tentang pengalamannya sampai bisa masuk bekerja di WHO dan saat kuliah di Farmasi dulu. Ia menekankan akan pentingnya keberanian dan integritas di dalam setiap hal yang kita kerjakan.

Kemudian Dilla, mengawali dengan cerita tentang bagaimana beliau masuk ke dunia psikologi, seta pentingnya DREAM : Detail, Risk, Enchanting, Ahead, Motivating. Dengan begitu, kita akan bisa memilih apa yang akan kita kerjakan nantinya.

Pada saat yang sama di tempat terpisah, secara paralel, diadakan sesi sharing dengan pamong yang berjudul “Memanfaatkan Waktu dengan Hidup Sehat” di Wisma Tamu. Sesi ini diisi oleh para alumni yang berprofesi dokter, dipimpin oleh dr. Dicky Kurniawan, SPD TN4, sebagai bagian dari pengabdian alumni kepada pamong yang sudah banyak berjasa. Pada kesempatan yang sama diadakan juga screening kesehatan pamong berupa pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan kadar asam urat secara gratis oleh para punggawa iMed.

Setelah break untuk shalat dan makan malam, seluruh peserta menuju ke Gedung Serba Guna untuk mengikuti Sesi ketiga yang membahas tentang research dan akademisi. Acara dimulai pukul 19.00 dengan pembicara 3 orang dosen yang merangkap sebagai peneliti, yaitu Fanti Saktini TN7, Darmawati TN12, serta Enade Perdana Istyastono TN5, dengan moderator Ayu Gigih Rizqia TN12. Sesi ini membuka wawasan teman-teman, bahwa menjadi tenaga kesehatan tidak melulu berhubungan dengan klinik. Dengan menjadi dosen dan peneliti, seorang praktisi kesehatan tidak hanya bisa mengajar di kelas, bekerja di laboratorium dan melakukan penelitian, tetapi juga tetap bisa mejadi klinisi. Sehingga antara akademisi, peneliti, dan klinisi, ketiganya bisa saja saling berkaitan dan dilakukan bersama-sama.

Hari berikutnya, Minggu, 25 Maret 2012, rangkaian acara SMP masih berlanjut.  Olahraga santai dan sharing bebas diagendakan untuk lebih mengakrabkan alumni satu sama lainnya. Rangkaian acara diadakan di Citra Elo, kediaman Cornelius Ferdian TN4.

Penutupan SMP di Citra Elo

Berbagai ilmu, pengalaman, keakraban serta nostalgia dengan SMA TN mewarnai acara Sinergi Mahasiswa Praktisi ini. Para peserta memberikan respon yang sangat positif dan menyampaikan harapannya agar acara SMP dapat terus diadakan secara rutin dengan berbagai tema.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s