Kajian Strategis

Forum Diskusi Ikastara “Reformasi Birokrasi”

Untuk meningkatkan peran dan kontribusi Ikastara bagi proses pembangunan kehidupan berbangsa dan bernegara, PP Ikastara melalui Divisi Kajian Strategis telah melaksanakan Forum Diskusi Ikastara dengan mengangkat topik “Reformasi Birokrasi”. FDI kali ini dilaksanakan tanggal 21 Maret 2012 bertempat di Universitas Pertahanan, Jakarta Pusat, dan menghadirkan pembicara yang berkompeten yaitu Dr. Teguh Kurniawan, Dosen Ilmu Administrasi FISIP UI. Pembicara ini adalah akademisi yang juga terlibat secara langsung dalam penyusunan konsep dan tataran reformasi birokrasi di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dr. Teguh menyampaikan paparannya
Peserta FDI "Reformasi Birokrasi"

Acara yang dimulai pada pukul 19.45 WIB ini dihadiri oleh 22 orang alumni SMA TN yang terdiri dari praktisi pelaku reformasi birokrasi dari BPK, Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, TNI, para profesional dan pengusaha muda yang sangat concern dengan topik ini. Bertindak selaku moderator pada FDI ini adalah Ketua Umum PP Ikastara, Deddi Nordiawan TN4.

Beberapa hal yang dipaparkan oleh pembicara meliputi faktor yang mempengaruhi birokrasi di Indonesia, pengalaman Negara yang telah melakukan reformasi birokrasi; strategi yang seharusnya dilakukan dalam reformasi birokrasi dan Hal-hal yang telah dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Peserta FDI "Reformasi Birokrasi"

Acara yang juga diisi diskusi interaktif dimana beberapa alumni angkat bicara menyampaikan pendapatnya diantaranya Nugroho Setyo Utomo TN10,  Budi Purwanto TN2 dan Wijaksano Aji TN5. Syarif Syahrial TN5, mantan Ketua Umum PP Ikastara 2008 – 2011 yang sekarang aktif sebagai konsultan serta staf khusus Menteri Kelautan dan Perikanan menyampaikan bahwa Reformasi birokrasi adalah sesuatu yang kualitatif dan permasalahan birokrasi di Indonesia yang sangat kompleks sehingga butuh waktu yang tidak sebentar untuk melakukan reformasi birokrasi dan dibutuhkan rencana jangka pendek dan jangka panjang yang memadai untuk tidak hanya membenahi individunya tetapi juga struktur dar birokrasi itu sendiri.

Widiyanto Saputra TN3, Ketua Dewan Pengawas Ikastara 2011-2014, seorang pengusaha muda, juga ikut angkat bicara tentang pentingnya proses rekrutmen birokrat. Hal ini juga diamini Eko Wahyudi TN6, yang menyampaikan perlu PNS yang profesional dan pengaturan kembali bagi PNS yang tidak profesional, sehingga tidak kesulitan memposisikan mereka yang tidak profesional tetapi yang terpenting memperbaiki kondisi tersebut.

Widiyanto TN3 dalam sesi tanya-jawab

Satu point yang sangat penting juga diutarakan Heirma Poernomo TN2 yang merupakan salah satu alumni yang pernah terlibat aktif dalam proses pendampingan reformasi birokrasi adalah Ikastara perlu memposisikan dan mewarnai berjalannya reformasi birokrasi sekaligus mengawal proses yang tidak mudah ini sampai berhasil.

Dr. Teguh Kurniawan juga menyampaikan bahwa Kemenpan dan Reformasi Birokrasi sebenarnya punya banyak pemikiran tapi tidak didukung oleh resources yang memadai, oleh karenanya ia berharap dibantu oleh banyak pihak. Saat ini Kemenpan juga mengandalkan tim asing yang membantu perealisasian reformasi birokrasi dari luar, seperti Australia. Untuk itu diharapkan hasil Forum Diskusi Ikastara ini dapat menjadi masukan yang berharga dan membantu Kemenpan RB.

Selanjutnya Divisi Kajian Strategis juga menerima masukan terkait topik-topik yang perlu diangkat dalam FDI di masa mendatang. Orang-orang hebat dan luar biasa yang ada di Ikastara sangat diharapkan untuk semakin berkontribusi secara aktif sehingga Ikastara akan semakin konstruktif dalam menyumbangkan pemikiran bagi bangsa ini.

Peserta Forum Diskusi Ikastara


Penulis : Mauritz CRM TN9

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s