Kekerabatan dan Sinergi Alumni

Ikastara Cup “Show Your Strength, Show Your Solidarity”

Ikastara Cup 2012, merupakan sebuah turnamen futsal antar Okatan Alumni SMA yang diselenggarakan oleh Ikastara PVJ, Bandung. Acara ini merupakan program kerja dari Divisi Olahraga Ikastara PVJ dan telah dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya selama 4 tahun. Bertempat di Sampoerna Futsal, Jalan Padasaluyu no. 10 Bandung, Ikastara Cup 2012 diadakan pada tanggal 28-29 April kemarin. Dengan 20 tim yang terdaftar sebagai peserta, Ikastara Cup 2012 menghadirkan atmosfir persaingan yang kental, dengan trofi juara sebagai hadiahnya.

Turnamen ini menggunakan sistem grup pada babak penyisihannya. Para peserta dibagi menjadi 4 grup, dan yang berhak maju ke babak lanjutan adalah juara dan runner-up dari masing-masing grup, dengan pembagian sebagai berikut.

Grup A:
Alumni SMAN 28 Jakarta, SMA Labschool Kebayoran, SMAN 1 Jogja, Persatuan Pelajar Banyuwangi, dan MAN Insan Cendikia.

Grup B:
Alumni SMAN 81 Jakarta, Al-Azhar Pusat dan Al-Izhar, SMAN 2 Balige Soposurung, SMAN 70 2008, dan SMAN 70 2009.

Grup C:
Alumni SMAN 8 Jakarta, SMAT Krida Nusantara, SMAN 1 Padangpanjang, Ikastara B, dan SMA Santo Thomas 1 Medan

Grup D:
Alumni SMAN 61 Jakarta, SMAN 3 Bandung, Ikastara A, Keluarga Mahasiswa Cirebon, dan Wika Solo.

Alumni 28 FC kembali menunjukkan kemampuannya pada turnamen kali ini. Sempat ditahan imbang 2-2 oleh SMAN 1 Jogja, 28 Jakarta berhasil melaju ke babak lanjutan sebagai juara grup, diikuti Smansa Jogja sebagai runner-up grup A. Sedangkan di grup B, 2 tim dari alumni SMAN 70 merajai kompetisi. Cukup kesulitan dalam menghadapi tim dari alumni SMAN 81 Jakarta dan Soposurung, 70 2009 justru menang melawan rival satu sekolah mereka, 70 2008, yang hanya menuai satu kekalahan dan berhasil memenangkan seluruh sisa pertandingan mereka. Alhasil, 70 2008 berhasil melaju ke babak
lanjutan sebagai juara grup, dengan 70 2009 sebagai runner-up grup tersebut.

Kejadian tak terduga muncul di grup milik Ikastara B. Alumni SMAN 1 Padangpanjang yang merupakan pendatang baru pada turnamen ini, justru berhasil keluar sebagai juara grup. Ikastara B sendiri, yang sempat menang telak dengan skor 11-0 melawan alumni SMAN 8 Jakarta, harus puas
berada di posisi ketiga setelah alumni dari SMAN 1 Santo Thomas Medan memenangkan pertandingan terakhir mereka.

Di grup D, tim kebanggaan Ikastara PVJ, Ikastara A, mendapat perlawanan yang cukup tangguh dari tim alumni SMAN 3 Bandung. Setelah pertandingan mereka berakhir seri, masing-masing tim beradu perhitungan selisih gol, yang menempatkan Ikastara A sebagai runner-up grup D. 3 Bandung sendiri berhasil keluar sebagai juara grup, setelah mengalahkan tim alumni Wika Solo dengan skor telak 8-2.

Kejadian tak terduga lainnnya muncul di perempat final. Dua tim alumni SMAN 70 yang diprediksi dapat melaju ke semifinal, justru kandas di tangan alumni 28 FC dan Smansa Jogja. 70 2008 yang menghadapi Smansa Jogja, harus gigit jari setelah dibombardir pasukan jagoan bola ITB, Gadang, pada paruh akhir pertandingan. Memimpin di awal pertandingan, 70 2008 kehilangan  momentum dan harus mengakui kehebatan tim alumni Smansa Jogja. Sedangkan 70 2009 yang menghadapi alumni 28 FC, harus menerima kenyataan pahit, kalah di drama adu penalti setelah senoaji memasukkan bola
terakhir alumni 28 FC ke gawang mereka.

Lain halnya di perempat final selanjutnya. Tim alumni Padangpanjang terlihat kehabisan stamina, sehingga keseluruhan pertandingan menjadi milik Ikastara A. Meskipun beberapa kali sempat mengancam kiper Fatih Hidayat, namun momentum pertandingan yang terlanjur dimiliki Ikastara A tidak mampu dibalikkan oleh Padangpanjang. 3 Bandung pun tidak mendapatkan perlawanan yang cukup berarti dari tim alumni Santo Thomas. Sempat sengit di awal pertandingan, namun Doan dkk berhasil mengatur alir pertandingan dan meraih kemenangan telak atas lawannya.

Di semifinal, alumni 28 FC terlihat cukup siaga menghadapi tim alumni Smansa Jogja. Setelah beberapa kali percobaan, terobosan yang dilakukan oleh Harvan, pemain alumni 28 FC, diteruskan oleh rekannya Baim dan berhasil menyambar keras jaring gawang Smansa Jogja. Sempat mengejar ketertinggalannya, konsentrasi para pemain dari Smansa Jogja sepertinya tidak cukup kuat untuk terus menghalau serangan-serangan yang dibangun Alumni 28 FC. Untuk setelahnya, 28 mendominasi permainan dan berhasil memenangkan pertandingan ini.

Di sisi lain, rupanya Dewi Fortuna belum berpihak kepada Ikastara A. Memimpin 2-1 hingga menit-menit akhir pertandingan, 3 Bandung mendapat celah dan berhasil mencetak skor untuk menyamakan kedudukan. Hasil imbang pun bertahan hingga peluit akhir dibunyikan, sehingga pertandingan berlanjut ke adu pinalti. Sayangnya, 3 Bandung yang mendapat undian sebagai penendang pinalti penentu berhasil memasukkan bola ke gawang Ikastara A, sehingga 3 Bandung berhak untuk melaju ke final.

Ikastara A, yang masih belum pulih dari kekalahannya melawan 3 Bandung, harus mengakui kehebatan tim dari alumni Smansa Jogja. Bermain santai dan taktis, Smansa Jogja berhasil memimpin pertandingan dan membawa pulang trofi juara 3 Ikastara Cup. Sedangkan di final, Alumni 28 FC kembali menunjukkan kemampuannya sebagai juara Ikastara Cup tahun lalu. Sempat panik karena tertinggal 2-0 di awal pertandingan, alumni 28 FC mengamuk dan membalas perolehan angka menjadi 6-2. Sempat mengejar, namun bunyi peluit yang menandakan akhir pertandingan terlanjur berbunyi, dan berhasil menetapkan alumni SMAN 28 Jakarta sebagai pemenang.

Sebagai hasil akhir, juara 3 Ikastara Cup 2012 diraih oleh alumni SMAN 1 Jogja, Juara 2 oleh alumni SMAN 3 Bandung, dan juara 1 Ikastara Cup 2012 oleh alumni SMAN 28 Jakarta. Adapun pemain dari alumni SMAN 1 Jogja, Baroto, berhasil meraih piagam top skorer dengan perolehan 16 gol. Sesuai dengan motto turnamen ini, Show Your Strength, Show Your Solidarity, masing-masing peserta telah menunjukkan kekuatan dan kekompakannya dalam tiap-tiap pertandingannya. Mau tau lagi serunya? Tunggu Ikastara Cup tahun depan!


Penulis : Karisma Pratama TN19

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s