Kekerabatan dan Sinergi Alumni

Penyambutan TN19 Yogyakarta: Keceriaan & Persaudaraan Hangat di Jogja

 

Pada hari jumat, 30 september 2011, untuk pertama kalinya setelah pembentukan pengurus baru, Ikastara Cabang Yogyakarta – bersama Divisi Dukungan Studi PP Ikastara- mengadakan acara yang bertajuk Halal Bihalal dan Penyambutan TN19. Acara dilaksanakan di rumah makan L’cost, yang terletak di Jalan Jembatan Merah Gejayan Yogyakarta. Sekitar 80 orang anggota Ikastara Cabang Yogyakarta berkumpul untuk meramaikan acara ini. Tidak hanya anggota Ikastara Cabang Yogyakarta saja yang hadir, Bang Deddi Nordiawan selaku Ketua Umum Ikastara dan Kak Hertin selaku Koordinator Divisi Dukungan Studi PP IKASTARA pun turut hadir.

Acara dibuka oleh sambutan dari Kak Ayu Rizqia TN12 selaku Ketua Ikastara Cabang Yogyakarta yang baru. Suara Kak Ayu mengingatkan saya pada acara di radio Swaragama setiap hari pukul  sembilan malam. Kak Ayu mengucapkan selamat datang kepada anggota baru Ikastara Cabang Yogyakarta, yakni adik-adik angkatan 19 yang baru saja memulai kehidupan barunya di bangku perguruan tinggi. Selain itu, Kak Ayu juga meminta saran dan masukan dari anggota Ikastara cabang Yogyakarta, yang bisa disampaikan melalui SMS ke Rekan Alumni Agi TN17. Setelah beberapa menit sambutan dari Kak Ayu, Kak Yusti TN15 membacakan susunan pengurus Ikastara Cabang Yogyakarta yang baru. Kemudian, Bang Deddi selaku Ketua Umum Ikastara menyampaikan sambutannya yang salah satu isinya adalah tentang buku, pesta, dan cinta. Menurut Bang Deddi, tiga hal itulah yang selalu ada di kehidupan mahasiswa. Selain itu Bang Deddi juga mengatakan bahwa Ikastara adalah rumah bagi para anggotanya. Bang Deddi yang datang jauh-jauh dari Jakarta bersama istri tercinta, merasa senang karena cukup banyak alumni yang hadir pada acara Halal Bihalal dan Penyambutan TN19 di Yogyakarta.

Ketika tiba waktunya perkenalan bagi adik-adik TN19, Adik Alumni Syuhudi, salah satu perwakilan TN19, mahasiswa jurusan teknik arsitektur UGM – memperkenalkan teman-teman seangkatannya satu-persatu. Sambutan meriah datang dari abang kakak angkatan, manakala nama adik sefakultasnya disebut. Sekitar 40 orang adik TN19 yang diperkenalkan pada kesempatan tersebut.

Kak Listya Aderina TN13 berbagi pengalaman berorganisasinya kepada kami, tentang betapa besar manfaat yang dapat diambil ketika kita mengikuti organisasi, tentang keuntungan memperoleh beasiswa, tentang pentingnya menentukan pilihan yang tepat, dan banyak hal lain yang tentu bermanfaat bagi kami semua.

Saat yang dinanti-nanti telah tiba. Semua dipersilahkan duduk menuruk kluster keilmuan : kesehatan, teknik, ekonomi, hukum, dan fisipol.  Wajah-wajah ceria terlihat jelas ketika makanan mulai dihidangkan satu persatu. Suasana sangat ramai dengan obrolan sembari makan. Hal ini mengingatkan saya akan suasana makan di RKB  dulu, makan bersama-sama dengan menu yang sama, bercampur angkatan, diselingi obrolan2 meriah. Apalagi saat salah satu adik dari kluster teknik datang menghampiri meja kami (kluster kesehatan) dan menukar tempat nasinya yang kosong dengan tempat nasi kami yang masih setengah penuh. Benar-benar mirip RKB .

Dalam waktu singkat kami semua berhasil menghabiskan makanan, dan MC kembali hadir di tengah-tengah kami memimpin acara berikutnya yaitu games. Sebuah toples kecil berisi gulungan-gulungan soal seputar SMA TN tercinta, diedarkan dan ketika hitungan sampai 10, orang yang sedang memegang toples harus membukanya, mengambil satu kertas dan menjawab pertanyaan. Korban pertama adalah adik angkatan 19 dari kluster teknik, dia berhasil menjawab pertanyaan tentang kepanjangan KnKp dengan benar.

Peraturanpun diubah, menjadi lomba menjawab pertanyaan  per kluster. Lima soal telah disediakan, dan setelah satu soal dibacakan, tiap kluster berebut menjawab pertanyaan dengan sangat bersemangat. Kluster kesehatan yang diwakili Adik Damas TN19 mendapatkan kesempatan pertama menjawab pertanyaan : “ Kapan sajakah prosesi naik Tidar dilakukan?” Pertanyaan tersebut dijawab dengan salah, disambut dengan gelak tawa semua hadirin. Konsekuensinya, sehingga  salah satu perwakilan alumni dari kluster kesehatan dihukum push up. Abang Raymond TN16 maju dengan sigap dan penuh semangat melakukan tugas tersebut, layaknya siswa TN yang rutin melakukan push up setiap harinya.

 

Suasana sangat meriah ketika masing-masing kluster berlomba-lomba menyanyikan lagu SMA TN. Sebagian besar alumni masih hafal lagu-lagu SMA TN. Kluster Hukum menyanyikan lagu Selamat Datang, Kluster kesehatan menyanyikan lagu Ayo Lari, Kluster Teknik menyanyikan lagu Halang Rintang, sedangkan Kluster ekonomi menyanyikan lagu Baret Biru. Kluster fisipol tidak mendapatkan kesempatan menyanyi karena para personelnya sudah meninggalkan tempat sebelum giliran mereka menyanyi tiba. Dengan juri Bang Deddi, Kak Hertin, serta Bang Cornel, Fakultas Teknik yang dinilai paling bersemangat dan kompak, sehingga Fakultas Teknik lah yang keluar sebagai pemenang.

Setelah games selesai, Kak Hertin menyampikan beberapa hal berkaitan dengan kegiatan Divisi dukungan studi, diantaranya mengenai saran dari teman-teman Ikastara Cabang Yogyakarta tentang tema apa yang diinginkan untuk diangkat dalam kegiatan Divisi Dukungan Studi. Perwakilan dari Kluster Ekonomi mengutarakan minatnya untuk diadakan training singkat seputar penulisan karya tulis.

Suasana masih meriah ketika waktu menunjukkan pukul 21.30 dan acara tersebut harus diakhiri. Check sound yang dipimpin Adik Damas TN19 sangat sempurna, tidak terdengar ada yang salah melakukan gerakan J . Dengan berakhirnya Check Sound, berakhir pula acara pada malam hari itu. Semua senang, semua tak sabar menantikan acara-acara Ikastara Cabang Yogyakarta berikutnya.

Anindita Hapsari TN17

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s