Kekerabatan dan Sinergi Alumni, Pengabdian Masyarakat

Bocah-bocah Pirikan: Ketika Alumni Memaknai SMA TN

Ada sesuatu yang spesial dalam rangkaian acara 20 tahun SMA Taruna Nusantara 17 Juli 2010. Dalam event ini untuk pertama kalinya diluncurkan buku “Bocah-bocah Pirikan: Refleksi 20 tahun SMA Taruna Nusantara” yang diterbitkan oleh Ikastara Publishing. Buku ini berisi rangkuman kisah-kisah inspiratif dari 45 orang alumni SMA Taruna Nusantara, tentang pelajaran berharga yang telah mereka dapatkan selama mendapatkan penggemblengan di kampus biru SMATN. Para penulis tersebar dari angkatan ke-1 hingga angkatan ke-18, sehingga membaca penggalan kisah-kisah mereka menjadi semacam refleksi terhadap perjalanan SMA Taruna Nusantara.

Dalam proses pemilihannya, nama ke-45 alumni ini mereka diusulkan oleh rekan alumni yang lain, karena dianggap representatif dan patut menjadi teladan. Mereka berasal dari beragam profesi: tentara, polisi, arsitek, teknisi, dokter, dosen, pengusaha, pengacara, hakim, peneliti, profesional, konsultan, karikaturis, penulis, mahasiswa, dan lain-lain. Meskipun bergerak di medan pengabdian yang berbeda, namun komitmen dan janji alumni SMATN tetap sama, seperti tertuang di Tri Prasetya Siswa SMA Taruna Nusantara yang kata-katanya menghiasi halaman-halaman awal buku ini.

Komitmen ini diperkuat lagi oleh Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono, Ibu Negara RI yang memberikan sambutan di buku ini mewakili orang tua alumni (putra pertama beliau, Agus Harimurti Yudhoyono, adalah alumni SMATN 1994-1997). Satu hal yang menarik dari sambutan beliau adalah “…di tengah globalisasi dan perubahan jaman yang demikian cepat, karakter kita sebagai bangsa Indonesia dan rasa ke-Indonesia-an (nasionalisme) harus tetap kuat… .” Wejangan Ibu Ani tampaknya sangat relevan dengan kondisi masyarakat kita saat ini seperti diombang-ambing oleh berbagai ideologi sektarian dan tercerabut dari akar ke-Indonesia-an. Di sinilah peran strategis alumni SMATN, yaitu mempertahankan nasionalisme dan sekaligus menjadi konduktor sebuah orkestra keberagaman masyarakat dan budaya Indonesia yang unik.

Jika anda ingin mendapatkan Bocah-bocah Pirikan, silahkan menghubungi Humas PP Ikastara, atau silakan kunjungi mini-site buku ini untuk informasi lebih lanjut: http://www.ikastara.org/bocahpirikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s