Kekerabatan dan Sinergi Alumni

Penyambutan TN19 oleh Ikastara Paris van Java

Di penghujung bulan Juli lalu, 3 hari sebelum Bulan Ramadhan datang, ada acara spesial bagi keluarga Ikastara di kota Bandung. Hari Jumat tanggal 29 Juli 2011, Ikastara Bandung (Paris van Java/PVJ) bersama Divisi Dukungan Studi PP Ikastara mengadakan penyambutan adik-adik TN19, alumni kampus biru kita yang baru saja menyelesaikan status siswa mereka. Biasanya, acara ini dilaksanakan bersama-sama dengan acara buka bareng Ikastara PVJ, tapi agar lebih ‘terasa’ dan spesial, tahun ini acara dibuat terpisah.

Acara ini sediri disesuaikanlah dengan kondisi Ikastara Bandung yang dipenuhi mahasiswa, sehingga konsep yang dipakai simple, sederhana, campus centric, dan yang pasti hemat. Dengan pertimbangan lokasi yang strategis, maka terpilih Lapangan Basket ITB sebagai posisi Ikastara PVJ berkumpul. Hari Jumat terpilih sebagai hari yang cukup beruntung untuk menikmati hangatnya suasana kekeluargaan ini.

Sekitar pukul 13.30 pepohonan di kampus ITB terasa cukup menyejukkan untuk memulai acara penyambutan ini. Lalu hal yang lebih luar biasa lagi, acara ini turut dihadiri Bang Deddi selaku Ketua Ikastara Pusat. Beliau hadir bersama istri, yaitu Kak Hertin. Hal yang berkesan bagi kami dimana beliau sungguh telah menyempatkan ke Bandung untuk bergabung bersama keluarga Ikastara PVJ dan bertemu dengan adik-adik TN-19 yang baru mengisi Kota Bandung. Selain Bang Deddi dan Kak Hertin, acara ini juga dihadiri oleh Bang Alvernia Rendra yang jauh-jauh dari Jogja.

Acara dibuka dengan sambutan dari Bang Agus Setyawan TN-15 selaku Ketua Ikastara PVJ periode 2010-2011. Dalam sambutannya, selain mengucapkan selamat datang dan memberi gambaran kegiatan-kegiatan Ikastara PVJ, Bang Agus juga menekankan betapa gemerlapnya Bandung dengan berbagai hiburan dan aktivitasnya sehingga kita harus tetap saling menjaga, mengingatkan, dan saling support.

Setelah pesan-pesan dari Bang Agus, kemudian giliran Bang Deddi yang memberikan sambutan. Bang Deddi mengucapkan selamat datang kepada TN 19 serta memberi gambaran-gambaran tentang Ikastara secara umum. Bang Deddi menekankan pentingnya silaturahim antar alumni agar tercipta sinergi positif yang saling bermanfaat.

Kemudian dilanjutkan oleh Kak Hertin selaku koordinator Divisi Dukungan Studi PP Ikastara. Banyak sekali agenda yang sudah dibuat oleh divisi ini untuk mendukung peningkatan kualitas SDM Ikastara terutama bagi para mahasiswa. Hal ini tentu saha dirasakan luar biasa bagi adik-adik TN-19 dan yang lain yang masih berstatus mahasiswa mengingat pngembangan kualitas diri memang dibutuhkan sejak masih mahasiswa dan ternyata IKASTARA sangat mendukung hal ini.

Sesi selanjutnya diisi dengan perkenalan adik2 TN19 secara bergantian per kelompok yang terdiri dari 6-10 orang. Pada kesempatan itu, sebanyak 45 orang TN19 yang hadir bergantian memperkenalkan diri sambil menyebutkan tempat kuliah, asal daerah, dan cita-cita. Menarik karena banyak sekali yang cita-citanya tidak berhubungan dengan jurusan yang saat ini akan digeluti di dunia perkuliahan. Ada beberapa adik TN19 yang tidak kuliah atau tinggal di Bandung tapi menyempatkan datang juga dan menambah karamaian suasana.

Setelah itu, peserta dibagi per jurusan dan diberi kesempatan untuk bertanya pada abang dan kakaknya secara lebih detil tentang dunia perkuliahan. Selain juga menjadi ajang sharing abang-kakaknya tentang manis pahit sebagai mahasiswa, lingkungan kemahasiswaan seharusnya bagaimana, tentang jurusan-jurusan, cara belajar, dan hal-hal khas mahasiswa lainnya.

Ketika jarum jam menunjukkan pukul 15.00 acara ini ditutup secara formal dengan hal wajib yang ditunggu-tunggu setiap acara, foto bareng!! Malam harinya, kami berjanji berkumpul kembali untuk nonton Harry Potter and the Deadly Hollow part 2 yang baru saja diputar di bioskop pada hari itu. Seru sekali persaudaraan itu!

Selamat datang adik-adik TN-19 di Kota Bandung… . Selamat Berkarya dan Berprestasi!

Valid Hasyimi & Jill Tania

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s